OPTIMASI KERJA PELUNCUR ROKET PADA ROBOT RODA RANTAI UNTUK MENENTUKAN KETEPATAN SUDUT TEMBAK

Joko Lasmono, Anggraini Puspita Sari, Eko Kuncoro, Irfan Mujahidin

Abstract


Pada perkembangan teknologi saat ini banyak dikembangkan jenis robot dengan kemampuan yang menarik adalah robot dengan berbagai macam model dan bentuk  karakteristiknya. Pada saat ini peluncur roket masih dikendalikan oleh manusia yang memanfaatkan teknologi dengan menggunakan pc dan motor servo sebagai alat pengendali untuk menentukan ketepatan pada sudut tembaknya, dalam merancang robot ini dibutuhkan kelengkapan komponennya agar robot dapat bekerja secara otomatis sesuai dengan masukan yang diberikan, robot peluncur roket dikendalkan secara otomatis dengan komunikasi dari pc  kemudian perintah tersebut diteruskan ke mikrokontroler menggunakan kabel USB TTL kemudian dikirim ke rangkaian Xbee-pro pengirim kemudian dipancarkan dan di terima oleh Xbee-pro penerima kemudian di transmisikan ke mikrokontroler dan diolah  menuju ke sistem kendalinya yang berupa motor servo dan relay sebagai komponen pada bagian penembakan peluncur roketnya. Berdasarkan hasil pengujian robot telah mampu mengarahkan peluncur roket tepat pada sudut yang sudah ditentukan dan telah mampu melakukan aksi penembakan pada tiap peluncurnya dengan tingkat keberhasilan mencapai 80%.

 

DOI :  https://doi.org/10.26905/jasiek.v1i1.3149


Full Text:

PDF

References


R. M. Murray, Z. Li, and S. Shankar Sastry, A mathematical introduction to robotic manipulation. 2017.

D. Saputra, D. Cahyadi, and A. H. Krisdalaksana, “Sistem Otomasi Perpustakaan Dengan Menggunakan Radio Frequency Identification ( RFID ),” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., 2010.

R. A. Brooks, “A Robust Layered Control System For A Mobile Robot,” IEEE J. Robot. Autom., 1986.

B. Arthayaa, A. Sadiyokob, and C. Wiejaya, “Pengembangan Algoritma Pengenalan Bentuk dan Arah Objek pada Sistem Omnidirectional Vision Sensor,” J. Tek. Elektro, 2013.

I. Mujahidin, R. Yuwono, and A. Mustofa, “Rancang Bangun Rectifier Antenna Mikrostrip UFO Pada Frekuensi Ultra Wideband (UWB) Sebagai Pemanen Energi Elektromagnetik,” J. Mhs. TEUB, vol. 3, no. 2, 2015.

I. Oktariawan, Martinus, and Sugiyanto, “Pembuatan Sistem Otomasi Dispenser Menggunakan Mikrokontroler Arduino Mega 2560,” J. FEMA, 2013.

R. Yuwono, I. Mujahidin, A. Mustofa, and Aisah, “Rectifier using UFO microstrip antenna as electromagnetic energy harvester,” Adv. Sci. Lett., 2015.

A. N. Putri, “Penerapan Fuzzy Controller Untuk Pergerakan Player Pada Game Engine 3d Berbasis Agen Cerdas,” J. Transform., 2017.

I. Mujahidin, “Directional 1900 Mhz Square Patch Ring Slot Microstrip Antenna For Wcdma,” JEEMECS (Journal Electr. Eng. Mechatron. Comput. Sci., 2019.

D. I. Pratiwi, M. Rivai, and F. Budiman, “Rancang Bangun Deteksi Jalur Pipa Terpendam Menggunakan Mobile Robot dengan Metal Detector,” J. Tek. ITS, 2017.

Mujahidin, I., Pramono, S. H., & Muslim, A. (2018, October). 5.5 Ghz Directional Antenna with 90 Degree Phase Difference Output. In 2018 Electrical Power, Electronics, Communications, Controls and Informatics Seminar (EECCIS) (pp. 224-228). IEEE.

M. Octavian, Ari; Darmawan, Hofman; Nurohmah, Hidayatul; Ali, “Optimasi Dual Axis Tracking Untuk Photovoltaic Berbasis Firefly Algorithm dan Ant Colony Optimization,” SinarFe7, 2018.




DOI: https://doi.org/10.26905/jasiek.v1i1.3149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JASIEK(Jurnal Aplikasi Sains, Informasi, Elektronika dan Komputer)
Department of Electrical Engineering, Universitas Merdeka Malang



Image result for address iconTaman Agung Street No. 1, Sukun, Malang Kota, Jawa Timur, 65146, Indonesia
Image result for address blue iconjasiek@unmer.ac.id
Image result for address blue icon0822-3333-4114
@jasiekunmer

Supported By: