PROTOTIPE SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATION MANAGEMENT BERBASIS WEBSITE STUDI KASUS PT TRI MANDIRI SEJATI

Deasy Purwaningtias, Yoki Firmansyah, Erdian Safitri

Abstract


PT Tri Mandiri Sejati Pontianak merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan motor, suku cadang dan servis motor, berdasarkan observasi dan wawancara yang penulis lakukan banyak ditemukan permasalahan dalam pengolahan data konsumen, terutama pada bagian rekap data konsumen yang kurang baik dan sering menyebabkan kehilangan data penting dan berpengaruh pada menurunnya tingkat pelayanan terhadap pelanggan, oleh karena itu perusahan tersebut membutuhkan sebuah solusi yaitu membuat sebuah perancangan sistem informasi Customer Relation Management yang mana sistem informasi ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan permasalahan yang ada pada perusahaan, adapun sistem informasi yang dibuat masih berupa prototipe, dalam perancangan sistem informasi ini digunakan metode pengembangan perangkat lunak yaitu metode prototyping, dengan beberapa tahapan yaitu mengenalisa kebutuhan, membuat mock-up dan menguji mock-up, dan yang menjadi dari penelitian ini adalah mendapatkan sebuah rancangan sistem informasi yang dapat mengelola data konsumen, meningkatkan efektivitas dan efisiensi perusahaan khususnya dalam mengelola data konsumen, serta menyelesaikan permasalahan permasalahan yang terjadi khususnya di pengelolaan data konsumen PT Tri Mandiri Sejati Pontianak

Kata Kunci: Prototipe, Customen Relation Management, Sistem Informasi


References


A. Nurhadi, E. Indrayuni, and A. Sinnun, “Perancangan Website Sistem Informasi Penjualan Kamera,” Peranc. Website Sist. Inf. Penjualan Kamera, pp. 205–213, 2015.

S. Mulyani, Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Abdi Sistematika, 2016.

J. Hutahaean, Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2015.

D. Risdiansyah, “Perancangan Sistem Informasi Bimbingan Konseling Berbasis Desktop pada SMA Kemala Bhayangkari 1 Kubu Raya Deni,” Khatulistiwa Inform., vol. 5, no. 2, pp. 86–91, 2017.

A. baitul Hikmah, D. Supriadi, and Bina Sarana Informatika, Cara Cepat Membangun Website dari Nol: Studi Kasus : Web Dealer Motor. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2015.

R. Abdulloh, Easy & Simple - Web Programming. Jakarta: Elex Media Computindo, 2016.

Y. Firmansyah and Pitriani, “Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Aplikasi Pelayanan Anggota Pada CU Duta Usaha Bersama Pontianak,” J. Bianglala Inform., vol. 5, no. 2, pp. 66–74, 2017.

R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Kolaborasi Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2015.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JASIEK (Jurnal Aplikasi Sains, Informasi, Elektro dan Komputer)

Image result for address iconTaman Agung Street No. 1, Sukun, Malang Kota, Jawa Timur, 65146, Indonesia
Image result for address blue iconjasiek@unmer.ac.id
Image result for address blue icon081236435856



Supported By: