PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG DAN KEPUASAN PELANGGAN ONLINE SHOPPING PADA REMAJA DI SITUBONDO

Rini Kartika Sari, Nanik Hariyana

Abstract


Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh harga, kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap minat pembelian ulang dan kepuasan pelanggan online shopping. Penelitian ini dilakukan pada remaja di Situbondo yang berlangganan online shopping. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah Analisis Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa harga, kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh terhadap minat pembelian ulang, serta  harga, kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dan minat pembelian ulang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan online shopping

Keywords


Minat pembelian ulang, kepuasan pelanggan, harga, kualitas pelayanan, kualitas produk

References


Bayhaqi, Yuzza. 2006. “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, dan Keunggulan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Pada Minat Membeli Ulang (Studi Kasus: Pada Auto Bridal Semarang).” Tidak Diterbitkan. Tesis. Semarang: program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Damanhuri., Firdaus, M., dan Dahliani, Y. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Home Industri Kaca Grafir Di Desa Grujugan Kidul Kecamatan Grujugan Bondowoso). Jurnal Relasi. Vol. 17 (1): 60-72.

Faradiba dan Astuti, S. R. T. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang) Diponegoro. Journal Of Management. Vol. 2 (3): 1-11.

Hsu, Meng-Hsiang,. Chang, Chun-Ming,. Chu, Kuo-Kuang and Lee, Yi-Jung. 2014. Determinant of repurchase intention in online group-buying: The perspectives of delone & McLean success model and trust. Computer in Human Behaviour. Vol. 26 (6): 234-245.

Hurlock. 2003. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Kim, Changsu,. Galliers, Robert D., Ryood, Joo-Han,. Shinc, Namchul and Kime, Jongheon. 2012. Factors Influencing Internet Shopping Value and Customer Repurchase Intention. Electronic Commerce Research and Applications. Vol. 11 (4): 374-387.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Airlangga.

Lestari, Putri Dewi., Firdaus, M., dan Hidayah, T. 2013. Analisis Pengaruh Layanan, Harga, Dan Kualitas Produk Pakaian Wanita Yang Dijual Secara Online Melalui Group Blackbery Messenger Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Mahasiswi Stie Mandala Jember). Jurnal Relasi. Vol. 17 (1): 89-98.

Lin, chun-chun., Wu, Hsueh-Ying., and Chang, Yong-Fu. 2011. The critical factors impact on online customer satisfaction. Procedia Computer Science. Vol. 3 (1): 276-281.

Meskaran, Fatemeh., Ismail, Zuraini., and Shanmugam, Bharani. 2013. Online Purchase Intention: Effects of Trust and Security Perception. Australian Journal of Basic and Applied Sciences. Vol. 7 (6): 307-315.

Nurtjahjanti, H. 2012. Hubungan Antara Persepsi terhadap Harga dan Kualitas

Produk Dengan Minat Membeli Produk Fashion Online Shopping di

Facebook Pada Mahasiswa Politeknik X Semarang. Jurnal Psikologi. Vol. 11

(2): 1-8.

Praja, D. D. dan Damayantie, A. 2010. Potret Gaya Hidup Hedonisme di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Sociologie Universitas Lampung. Vol. 1 (3): 184 – 193.

Prasetio, Ari. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal. Vol. 1. (2): 1-8.

Sarwono, S.W. 2006. Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Setiowati, A, K, W., dan By, Jasly. 2012. Sikap Online Shopping Dan Niat

Pencarian Informasi Terhadap Niat dan Perilaku Belanja. Jurnal Manajemen

Bisnis. Vol. 2. (1): 3-8.

Solimun. 2002. Multivariate Analysis Structural Equation Modelling (SEM) Lisrel danAmos. Fakultas MIPA: Universitas Brawijaya.

Sudaryanto. 2011. The Need For ICT Education For Managers Or Agri-Businessmen For Increasing Farm Income: Study Of Factor Influences On Computer Adoption In East Java Farm Agribusiness. International Journal Of Education And Development Using Information And Communication Technology (IJEDICT). Vol. 7 (1): 56-67.

Sukmawati, Ida., dan Massie, J. D. D. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Air Manado. Jurnal EMBA. Vol. 3 (3): 729-742.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Bisnis dan Manajemen

University of Merdeka Malang

Mailling Address:
Address: Terusan Dieng Street 62-64 Malang, Indonesia
Website: http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jbm
Email: harrilbrimantyo@gmail.com
Phone: 085645878363


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.