MEMANDIRIKAN SISWA AL AZHAR DALAM BERBISNIS DENGAN KETRAMPILAN BOGA

Wahyu Wiyani, Budi Siswanto, Dewi Astutty Mochtar

Abstract


Di era saat ini untuk bisa memenangkan persaingan seorang siswa tidak hanya harus pintar dalam ilmu, namun juga harus ditunjang berbagai ketrampilan baik softskill maupun hardskill. Dengan softskill dan hardskill yang mumpuni seorang siswa setelah lulus pendidikan dasar tidak harus bekerja pada orang lain, namun bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi diri sendiri maupun orang lain, pendidikan dasar menjadi sesuatu yang memandirikan anak didik, terutama bagi kelompok miskin, anak didik akan menjadi mandiri ketika mereka dibekali keterampilan serta dekat dengan alam dan budayanya. Secara softskill siswa Al Azhar telah banyak menerima pendidikan dari sekolah, namun secara hardskill masih minim dikarenakan fasilitas sekolah yang belum memadai. Dengan melihat latar belakang keluarga siswa kebanyakan pedagang maka pelatihan ketrampilan tata boga ini sangat cocok dilakukan dengan harapan hasil pelatihan bisa diterapkan siswa dan hasilnya bisa dijual orang tua mereka. Sehingga nantinya ketika mereka lulus dan tidak meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi mereka bisa menciptakan pekerjaan bagi dirinya dan memberikan penghasilan bagi dirinya.

 

DOI: https://doi.org/10.26905/abdimas.v2i1.1288


Full Text: pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by

width="150"

 


Tools:

Turnitin

crossref

Mendeley

Supported By:

Universitas Merdeka Malang

 


ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang

Institute fo Research and Community Services (LPPM)

Mailing Address:

Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
Phone/Fax: +62341-5080008
Email: abdimas@unmer.ac.id

Creative Commons License