PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN KUB (KELOMPOK USAHA BERSAMA) BATIK MALANGAN DI KOTA MALANG

Lita Dwipasari, Totok Subianto

Abstract


Kerajinan batik sudah menjadi salah satu industri  kreatif di Indonesia. Batik bila ditekuni secara professional akan dapat menjadi salah satu “Soko Guru” bagi perekonomian. Dikota Malang, animo masyarakat memakai batik sudah mulai meningkat. Sementara itu batik malangan sendiri belum popular karena keberadaannya yang masih baru. Desain etnik yang dibuat berdasarkan sejarah dan potensi daerah memang belum seberapa banyak bila dibandingkan dengan batik Jogja dan  Solo  sehingga dibutuhkan bantuan untuk mengeksplorasi potensi khas kota Malang tersebut dalam desain batik yang lebih bervariasi (ethno modern). Kelompok Usaha Bersama (KUB) batik  yaitu KUB batik Blimbing (batik Reni) dan batik Tlogomas yang berada  di kota Malang adalah salah satu contoh kelompok ibu-ibu PKK yang secara bersama-sama mendirikan usaha kerajinan Batik Malangan untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Namun Pembuatan batik mereka masih sederhana sehingga  belum dapat menjangkau segmen pasar yang lebih luas.   Dengan melalui pendampingan tentang  proses produk dan desain batik karakter, perhitungan harga produksi  diharapkan dapat meningkatkan produksi dan pemasaran batik dan   dapat mendongkrak omzet penjualan batik malangan. Disamping itu pendampingan dalam kegiatan pemasaran juga dilakukan utamanya untuk mencapai  segmen pasar institusi (organisasi) yang merupakan peluang bagi KUB Tlogomas dan KUB Blimbing (batik Reni).


Keywords


Pendampingan, KUB, Batik Malangan

References


Batik malangannlyliyani ♦ September 19, 2012

Dewanti, Retno and Melati. Et.all . Pengembangan Model Daya Saing UMKM Batik melalui ECS. Jurnal Binus Business Review, 04 (01). ISSN 2087-1228 (2013)

Soekasi, Agustine.Rustina,U.et.all Tahapan pengembangan produk konveksi berbahan dasar batik pada klaster batik Pasirsari Pekalongan.2011 Seri Kajian Ilmiah. Volume 14, Nomor 2 November 2011.

Tocharman,Maman. dkk. Pengembangan Model Program Wisata Pendidikan Batik Sebagai Wahana Pembelajaran Apresiasi Masyarakat Menunjang Program Unggulan Universitas Pendidikan Indonesia

http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2277387/indocement-dorong-batik-cirebon-ramah-lingkungan#sthash.B6qDYqLP.dpuf

Wening, Enny et.all. Pengembangan Produk dan Strategi Pemasaran Bahan Busana Batik Bantulan dengan Stilasi Motif Etno Modern, 2014


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.