PETERNAKAN KAMBING PERANAKAN ETAWA DI KABUPATEN BANTUL

Hera Wasiati, Edi Faizal

Abstract


Peternakan kambing peranakan etawa (PE) saat ini berkembang sangat pesat karena banyak hasil yang dapat diperoleh. Beberapa hasil diantaranya berupa penjualan induk, anakkan dan susu. Tambahan lain adalah hasil pengolahan kotoran kambing (inthil) menjadi pupuk organik. Penyediaan pakan yang baik dan dalam jumlah yang cukup perlu dilakukanuntuk meningkatkan kualitas kambing, susu dan anakan yang dihasilkan. Supaya terus tersedianya pakan yang berkualitas maka diperlukan pengetahuan untuk pembuatan pakan kambing fermentasi yang berkualitas baik dan dapat bertahan lama. Berbagai macam olahan susu kambing dapat dihasilkan seperti susu murni yang dikemas dalam botol maupun susu bubuk beraneka rasa. Limbah kotoran kambing, baik berupa limbah padat (inthil) maupun limbah cair (urine) jika dikelola dengan baik akan memberikan nilai tambah ekonomi.  Selain itu diperlukan juga pengetehuan tentang manajemen pengelolaan dan teknik pemasaran yang baik untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Penggunaan teknologi informasi (e-commerce) akan dapat memperluas jangkaun pemasaran produk-produk kambing etawa. Kegiatan IbM ini melibatkan dua mitra Kelompok Peternak Kambing Etawa di Banguntapan, Bantul yaitu “Kelompok PE Jaya” dan “Kelompok PE Makmur”. Kegiatan yang telah berhasil dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan yang dialami mitra yaitu (1) penerapan teknologi tepat guna dalam pengolahan pakan alternatif/buatan (fermentasi), (2) penerapan teknologi tepat guna untuk pengolahan limbah padat menjadi pupuk organik, (3) proses pengolahan susu aneka rasa, (4) peningkatan pengetahuan dalam penanganan anak kambing baru lahir dan (5) perbaikan sistem manajemen usaha dan pemasaran dengan memanfaatkan media online.


Keywords


dampak,limbah, lingkungan, rumah potong hewan

References


Anoname, 2011, Cara membuat pakan fermentasi, http://www.etawafarm.com/2011/10/ cara-membuat-pakan-fermentasi1.html

Kusuma, B.D., 2012, Kambing Etawa,http://kambingetawa.net/home

Retnaningdiah, 2009, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Jiwa Kewirausahaan Wanita Nelayan di Kabupaten Bantul, Prosiding Seminar Nasional hasil Penelitian Dosen Kopertis Wilayah V, Yogyakarta.

Saitul, F., Adrizal, Nelson dan Akmal, 2011, Aplikasi teknologi pelleting pelepah sawit sebagai pakan ternak di sentra peternakan kambing PE kecamatan bajubang kabupaten Batanghari, Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, No. 52 Tahun 2011, ISSN: 1410-0770.

Sarwono, B., 2011, Beternak Kambing Unggul, PT. Penebar Swadaya, Jakarta.

Setiawan, T. dan Tanius, 2008, Beternak Kambing Perah Peranakan Etawa, PT. Penebar Swadaya, Jakarta.

Sodiq, A. dan Zainal, A., 2008, Meningkatkan Produksi Susu Kambing Peranakan Etawa, Agromedia Pustaka, Jakarta.

Syambyah dan Handoyo, S.R., 2012, Kiat Sukses Bertenak Kambing Peranakan Etawa, Andi Offset, Yogyakarta.

Zimmerer, T.S., 2008, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Salemba Empat, Jakarta.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.