PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENDEKATAN COMMUNITY BASED TOURISM DI DESA KEPAKISAN DATARAN DIENG

Muafi Muafi, Dyah Sugandini, Christin Susilowati

Abstract


Dieng merupakan kawasan yang memiliki dataran tinggi. Dieng memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan dan sangat menarik untuk ditawarkan. Pendekatan community based tourism diharapkan bisa dipakai sebagai salah satu pendekatan yang bisa melibatkan partisipasi masyakarat lokal bekerjasama dengan pemerintah, perusahaan dan perguruan tinggi. Kekuatan pendekatan ini adalah bertumpu pada masyarakat dan berorientasi pada  lingkungan alam serta menjunjung tinggi nilai budaya tradisional dengan tetap mempertahankan kearifan lokal. Objek pengabdian ini dilakukan di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Banjarnegara. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pengabdi beserta aparat pemerintah dan masyarakat lokal melakukan; (1) pemetaan potensi wisata dan penentuan skala prioritas lokasi wisata, (2) menjembatani pendanaan melalui dana program tanggung jawab social lingkungan (TJSL) BUMN (Perum BULOG), (3) pemberdayaan masyarakat dengan pembersihan telaga dan melakukan pelatihan UKM olahan makanan kepada mayarakat. Metode yang digunakan adalah pemberdayaan masyakarat dengan melibatkan secara langsung aparat pemerintah dan masyarakat lokal melalui pendekatan community based tourism. Hasilnya masyarakat Desa Kepakisan memiliki telaga yang bersih dan bermanfaat untuk kegiatan pemancingan, lokasi berkumpulnya warga untuk kegiatan nasional, penjualan usaha makanan dan minuman di lokasi setempat, pengairan untuk perkebunan dan destinasi wisata sehingga bisa menggerakkan kegiatan perekonomian masyarakat lokal.

 

DOI: https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i1.2250


Keywords


pemberdayaan; Community Based Tourism, pelatihan

Full Text:

PDF

References


Andriana, R. (2007). Evaluasi Kawasan Lindung Dataran Tinggi Dieng Kabupaten Wonosobo, Tesis, Program Magister Ilmu Lingkungan, Universitas Diponegoro. Semarang.

Anonim (2016). Data statistik Desa Kepakisan.

Hadi, N. (1995). Corporate Social Responsibility, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Hausler, N. (2005). Definition of Community Based Tourism. Tourism Forum International at The Reisepavillon. Hanover.

Mitchell, R. E., & Reid, D. G. (2001). Community integration: Island tourism in Peru. Annals of Tourism Research, 28(1), 113-139.

Muafi & Roostika, R. (2014). Organizational Performance and Competitive Advantage Determinants of Creative SMEs, European Journal of Economics and Management, 1(2), 7-25.

Muafi (2009). The Effect of Alignment Competitive Strategy, Culture, and Role Behavior on Organizational Performance in Service Firms. The International Journal of Organizational Innovation (IJOI), 2(1), 106-133.

Muafi (2012). Pola Hubungan Inovasi Organisasi, People Equity dan Kinerja UKM, Ekuitas, 16(2), 230-244.




DOI: https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i1.2250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by

width="150"

Garuda - Garba Rujukan Digital

SINTA - Science and Technology Index

Index of /public/site/images/septi

 Index Copernicus International (ICI)

Tools:

Turnitin

crossref

Mendeley

Supported By:

Universitas Merdeka Malang




Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang

Mailing Address:

Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
Phone/Fax: +62341-5080008
Email: abdimas@unmer.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.