PELATIHAN RANCANG BANGUN ALAT PERAGA PRAKTIKUM FISIKA BAGI GURU-GURU FISIKA SMA

Tatik Juwariyah, Sigit Pradana, Yuhani Djaya

Abstract


Hambatan praktikum fisika di tingkat SMA disebabkan oleh beberapa faktor.Salah satu faktor tersebut adalah masih jarangnya pelatihan penguasaan peralatan laboratorium bagi para guru.Akibatnya kreatifitas guru fisika dalam mempraktekkan konsep fisika yang diajarkan masih rendah sehingga diperlukan pelatihan perancangan alat peraga praktikum fisika.Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan perancangan alat peraga praktikum fisika yang sedang up to date yaitu alat peraga pembangkit listrik energi terbarukan. Alat peraga praktikum  pembangkit listrik energi terbarukan yang  diberikan pada kegiatan pelatihan ini adalah pembangkit listrik tenaga angin (wind turbine). Pelatihan ini dapat dibagi menjadi dua tahap. Pertama, penjelasan komponen-komponen yang diperlukan dalam merancang alat peraga pembangkit listrik energi angin. Kedua, pengujian alat hasil rancangan yaitu dengan memvariasikan kecepatan angin yang datang pada alat peraga energi angin dan mengukur daya listrik yang dihasilkan. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini para peserta(guru) dilatih merangkai komponen-komponen alat peraga. Namun para guru belum sempat melakukan pengambilan data dan menganalisis data hasil pengujian alat peraga secara mandiri. Namun demikian  para guru telah diperagakan cara mengambil data variasi kecepatan angin terhadap daya keluaran. Adanya pelatihan perancangan alat praktikum  fisika berupa alat peraga pembangkit listrik energi terbarukan khususnya pembangkit listrik tenaga angin bagi guru-guru fisika diharapkan dapat menjadi salah satu solusi hambatan pelaksanaan praktikum  fisika di tingkat  SMA.

 

DOI: https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i1.2251


Keywords


teknologi pakan ternak; olahan susu; sapi perah

Full Text:

PDF

References


Iqlima N.A.D., & Prabowo. (2014). Pengembangan Alat Peraga Bndul Matematis untuk Melatih Ketrampilan Proses Siswa pada Materi Gerak Harmonik Sederhana di Kelas XI SMAN 3 Tuban, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2), 189-194.

Riki, P. (2015). Perancangan Alat Peraga Kolektor Surya Pemanas Air Guna Menjelaskan Suhu dan Kalor Pada Kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo, Jurnal Radiasi, 6(1).

Rus, S. R. (2013). Efektivitas Pelaksanaan Praktikum Fisika Siswa SMA Negeri Kabupaten Purworejo, Jurnal Radiasi, 3(1).

Ruzita S. (2013), Rancang Bangun Miniatur Turbin Angin Pembangkit Listrik Untuk Media Pembelajaran, Jurnal Teknik Mesin Politeknik Negeri Padang, 3(2).

Sudarmadi (2012). Meningkatkan Kemampuan Guru-Guru Fisika SMA/SMK Binaan dalam Membuat Alat Peraga Praktikum Fisika SederhanaMelalui Pendampingan di Kabupaten Kulonprogo, Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVI HFI Jateng & DIY, Purworejo.

Sutrisno. (1986). Elektronika, Teori Dasar dan Penerapannya, Jilid 1, Penerbit ITB, Bandung.

Yennita. (2013). Hambatan Pelaksanaan Praktikum IPA Fisika yang Dihadapi Guru SMP Negeri Di kota Pekanbaru, Jurnal FMIPA FKIP Universitas Riau, Pekanbaru.




DOI: https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i1.2251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by

width="150"

Garuda - Garba Rujukan Digital

SINTA - Science and Technology Index

Index of /public/site/images/septi

 Index Copernicus International (ICI)

Tools:

Turnitin

crossref

Mendeley

Supported By:

Universitas Merdeka Malang




Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang

Mailing Address:

Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
Phone/Fax: +62341-5080008
Email: abdimas@unmer.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.