MODEL PENDAMPINGAN UMKM BIDANG KERAJINAN MENJADI START-UP SUKSES DI KOTA MALANG

Mochammad Rofieq Rofieq, Ditya Permatasari Permatasari, Lailatul Farida Farida

Abstract


Kota Malang memiliki 77.778 UMKM dan 141.906 pekerja di berbagai bidang usaha, salah satunya adalah kerajinan (Handicraft). UMKM Kota Malang dikenal memiliki produk yang bagus dan berkualitas, namun masih banyak dari UMKM tersebut yang masih harus berjuang dalam desain produk dan kemasannya, proses penjualan secara online untuk mengembangkan pasar, serta aspek akuntansi keuangannya. Selain itu akses permodalan juga menjadi kendala bagi UMKM bidang Kerajinan ini untuk bisa menjadi Start-Up yang sukses dalam menjalankan usahanya. Oleh karena itu diperlukan suatu model pendampingan yang tepat bagi UMKM bidang kerajinan ini sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan para pelaku usahanya. Metode kegiatan pendampingan UMKM ini dilaksanakan dalam bentuk : Brainstorming, Focus Group Discussion, Seminar Kewirausahaan, Kuliah Tamu, berbagai macam Pelatihan, Workshop dan mengikuti berbagai kegiatan Expo / Pameran.


Keywords


APKM, Kerajinan, Model, Pendampingan, UMKM

References


Budiyanto, H., Rofieq, M. (2016). Menumbuhkembangkan Wirausaha Mahasiswa dan Alumni Melalui Program Ipteks bagi Kewirausahaan di Universitas Merdeka Malang. Jurnal ABDIMAS Volume 1 Nomor 1 Desember 2016, LPPM Universitas Merdeka Malang.

Rofieq, M., Sugianto, Suprapto, A. (2013). Perancangan Stasiun Kerja yang Ergonomis Guna Meningkatkan Produktivitas Pembuatan Souvenir Berbahan Limbah Lampu TL. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XIX, ITS Surabaya.

Rofieq, M., Hariyanto, S., Wiati, N.M. (2014). Penerapan Metode Kansei Engineering guna Mengidentifikasi Atribut Desain dalam Perancangan Souvenir Khas Malang. Prosiding Simposium Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri RAPI XIII, Univ. Muhammadiyah Surakarta.

Rofieq, M., Suprapto, A., Prilaswanti, D. (2015). IbM Usaha Kerajinan Perhiasan Perak Guna Menumbuhkan Minat Berwirausaha Bagi Karang Taruna Kelurahan Tanjungrejo. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XXIII, ITS Surabaya.

Rofieq, M., Purnomo, M.N., Permatasari, D., Farida, L., Hanafi, I., Fauzi, R. (2018). TOT KKMB Pembiayaan UMKM Berbasis Syariah. Bank Indonesia Jawa Timur.

Ulrich, Karl T., Eppinger, Steven D. (2001). Perancangan & Pengembangan Produk. Penerbit Salemba Teknika, Jakarta.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.