MULTIMEDIA LEARNING UNTUK SEKOLAH DASAR

Bambang Nurdewanto, Elta Sonalitha, Rusdijanto ,, Adi Sunarwan

Abstract


Kurikulum 2013 mengedepankan konsep Tematik, Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada peserta didik. Tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan. Masalah yang ditemukan di SDI Mohammad Hatta dan SDN TunjungSekar I adalah pemahaman siswa terhadap satu tema yang dijelaskan guru di papan tulis bisa saja diulang untuk ke tahap pemahaman, kurangnya pemanfaatan media dalam proses dokumentasi pembelajaran serta kondisi jika siswa yang berhalangan masuk dikarenakan ijin, bisa saja tertinggal dalam mengikuti pelajaran, juga siswa yang terlambat memahami materi akan kesulitan untuk memahami materi berikutnya yang berkaitan. Hal ini menyebabkan capaian belajar siswa kurang maksimal.

Pembelajaran berbasis multimedia dikembangkan sebagai solusi permasalahan mitra ini berupa Video Pembelajaran untuk pembelajaran model Tematik. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberi pelatihan kepada guru untuk dapat membuat video animasi pembelajaran melalui media audio video dan memasarkan video animasi pembelajaran tersebut melalui web marketing


Keywords


Multimedia, Video Animasi, Web Marketing, E-Learning

References


http://www.m-edukasi.web.id

http://www.smartedumedia.com

https://dspace.stir.ac.uk/bitstream/1893/458/1/Plowman%20BJET.pdf

Karina, Dwi Putri. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Mata Pelajaran Teknik Digital di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Soetomo, Pemberdayaan Masyarakat, Pustaka Pelajar, Jogyakarta, 2011

Venthy, Made Hendrawati. Pengembangan Video Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) dalam Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas IV Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013 di SD Negeri 4 Bebetin


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.