PELATIHAN IT MELALUI PEMBUATAN E-MODUL MATEMATIKA BAGI GURU MATEMATIKA SMK KABUPATEN MALANG

Retno Marsitin, Nyamik Rahayu Sesanti, Rini Agustina

Abstract


Kualitas pembelajaran matematika tampak dari peran guru matematika yang berkompeten dalam pembelajaran yang akhirnya berdampak pada kualitas peserta didiknya. Salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan memiliki ketrampilan Informasi Teknplogi (IT). Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan IT bagi guru matematika SMK Kabupaten Malang melalui pembuatan e-modul dalam pembelajaran matematika. Teknologi dalam pembelajaran melalui Elektronik Modul (E-Modul). E-Modul merupakan modul pembelajaran menggunakan software diantaranya software sigil. E-Modul sangat berperan dalam pembelajaran matematika. Jenis pelaksanaan program kemitraan masyarakat berbentuk pelatihan pembuatan e-modul matematika. Metode dalam kegiatan pembuatan e-modul matematika meliputi: pendampingan menginstal software sigil, memberikan materi dan dialog interaktif dengan demonstrasi/simulasi/praktik dilanjutkan presenasi dan evaluasi serta dilanjutkan desiminasi dalam kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMK Kabupaten Malang. Hasil kegiatan program kemitraan masyarakat berupa produk modul dan e-modul pembelaran matematika. Kegiatan program kemitraan masyarakat memperoleh respon tanggapan yang positif dari guru matematika SMK.


Keywords


Peatihan IT, pembuatan e-modul, guru matematika SMK

References


Fitriyadi, H. (2012). Ketrampilan TIK guru Produktif SMK di Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Implementasi dalam Pembelajaran, Jurnal Pendidikan Vokasi, 2, (2), 213–233.

Husain, C. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184–192.

Kemendikbud. (2013). Diklat Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: BSNP.

Mahmud, I. (2013). Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru SMA di Kota Batu. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sejarah/article/view/23807

Munir. (2009). Kontribusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pendidikan Di Era Globalisasi Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (PTIK). 2, (2), 1-4.

Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Dedikasi, 13, 39–49.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.