TEKNOLOGI TERAPAN UNTUK INDUSTRI RUMAH TANGGA ANEKA ABON

Fitri Marisa

Abstract


Industri Rumah Tangga (IRT) merupakan bidang usaha kecil yang harus didukung karena keberadaan menjadi salah satu penyumbang inkam perkapita penduduk. IRT aneka abon menjadi salah satu dari sekian banyak IRT di kecamatan Karangploso kabupaten Malang yang berpotensi namun membutuhkan bantuan baik pihak lembaga maupun pemerintah.   Terdapat tiga permasalahan pada IRT aneka Abon antara  lain:  1)  memiliki peralatan produksi yang kurang memadai khususnya alat peniris minyak sehingga menyebabkan proses produksi tidak efisien dan hasil penirisan kurang sempurna, 2) dari segi manajemen, yaitu pencatatan keuangan yang masih manual dan tidak terstruktur sehingga sulit mengetahui omzet, estimasi produksi, laba, dan rugi, dan 3) dari segi pemasaran, yaitu kurang luasnya pemasaran sehingga peningkatan omzet tidka sesuai target. Maka tiga program yang akan dilaksanakan adalah 1) merancang dan membuat alat peniris minyak (spinner) dengan kapasitas lebih besar dan desain mesin yang sistematis, 2) membangun dan menerapkan aplikasi keuangan berbasis komputer untuk menganalisis keuangan, 3) membangun dan menerapkan website untuk meningkatkan pemasaran dan memudahkan proses penjualan. Pada tiga program ini telah menghasilkan  :  rangkatan alat peniris minyak (spinner), aplikasi keuangan berbasis komputer, E-Commerce aneka abon.

Keywords


Industri Rumah Tangga, Spninner, Aplikasi keuangan, E-Commerce.

References


Baroto, T. “Perencanaan dan Pengendalian Produksi”. 2002. Ghalia, Jakarta.

Pugra, I W. “Buku Ajar Teknik Pengolahan Makanan 3”. 2005. Denpasar: Politeknik Negeri Bali

Ramadan, Sudiharto, Suyono. “Rancang Bangun Abon Penirin Minyak pada Abon dan Kripik Kentang dengan Menggunakan Inverter”. 2016. Proseding seminar nasional multidisiplin ilmu dan Call for paper. PENS. https://www.pens.ac.id/uploadta/downloadmk.php?id=1643.

Subagyo, P. “Manajemen Operasi”. 2000. BPFE. Jogjakarta.

Wasisto, Purnama, Anggoro. “Perancangan Mesin Peniris Untuk Aneka Makanan Ringan Hasil Gorengan”. 2016. Proseding seminar nasional multidisiplin ilmu dan Call for paper. Unisbank. https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwi7pfL3h7jTAhUEpo8KHbQ3BBwQFggpMAE&url=https%3A%2F%2Fwww.unisbank.ac.id%2Fojs%2Findex.php%2Fsendi_u%2Farticle%2Fdownload%2F4198%2F1212&usg=AFQjCNHTEOEW-Ec4iKwxT6oe68jbMRpX2g


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.