PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA DAN GURU SMK DINAMIKA KOTA TEGALTENTANG PEMANFAATAN PROGRAM KOMPUTASI MATEMATIKA GEOGEBRA

M. Taufik Qurohman, Syaefani Arif Romadhon, Ratih Wulandari

Abstract


Tridharma Perguruan Tinggi adalah Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Salah satu kewajiban tersebut melaksanakan Pengabdian Masyarakat, hal ini dilaksanakan berkaitan dengan kepedulian setiap lembaga atau institusi yang bergerak dibidang Pendidikan, khususnya tentang Peningkatan Kompetensi Siswa dan Guru SMK Dinamika Kota Tegal Tentang Pemanfaatan Program Komputasi Matematika Geogebra dalam rangka menguasai materi matematika, khususnya latihan soal-soal ujian Nasional dengan penyelesaian alternatif. Program  komputer  yang  kini tersedia secara luas dan gratis di internet adalah Geogebra. Menggunakannya pun relatif mudah, sehingga hanya dengan pelatihan minimal guru dan siswa akan bisa menggunakannya. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru dan siswa dalam bidang matematika. Dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat diperoleh kesimpulan sebagai berikut : (1) Adanya peningkatan pengetahuan dan kemampuan dalam menggunakan aplikasi komputer bagi siswa khususnya tentang matematika menggunakan teknologi komputasi khususnya dengan program Geogebra; (2)Kegiatan Pelatihan Komputasi Geogebra di SMK Dinamika Kota Tegal dapat meningkatkan motivasi karena dianggap mudah dan sebagai alternatif untuk mengetahui jawaban akhir dengan benar.

 

DOI: https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i0.2674


Keywords


Pelatihan Komputasi Geogebra, Peningkatan Prestasi Siswa.

Full Text:

PDF

References


Akhmadi, A.N., Qurohman, M.T. and Syarifudin, S., 2017. Peningkatan Kompetensi Auto CAD Bagi Siswa SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 1(1).

Artini, N.P.Y., Parmiti, D.P. and Sudana, D.N., 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Berbasis Kearifan Lokal Tri Kaya Parisuda. Mimbar PGSD Undiksha, 4(3).

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Faktor-Faktor Kesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. 2015. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Cetakan Kelima. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Cetakan Ketujuh. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono, 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Azwan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathani, Abdul Halim. 2009. Matematika Hakikat & Logika. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gloria, Ria Yulia. 2008. Efektivitas Teknologi komputasi geogebra dalam Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa SMA. Tesis Universitas Negeri Semarang.

Hodges, C., Gale, J. and Meng, A., 2016. Teacher Self-Efficacy During the Implementation of a Problem-Based Science Curriculum. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 16(4), pp.434-451.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Huda, Miftahul. 2015. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isnawati, Ade. 2016. Keefektifan Penggunaan Media Excellent Level Card Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika(Studi Penelitian pada Matakuliah Bangun Ruang Sisi Datar bagi Mahasiswa Kelas VIII Semester II SMP N 2 Lebaksiu Kabupaten TegalTahun Akademik 2015/2016). Skripsi Universitas Pancasakti Tegal.

Jacobsen, David A., Paul Eggen, dan Donald Kauchak. 2009. Metode-metode Pengajaran: Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA. Terjemahan oleh Achmad Fawaid dan Khoirul Anam.

Kadarwati, S. and Sulistyaningsih, N., 2017. Implementasi Strategi Think-Talk-Write (TTW) Pada Pembelajaran Menulis Dan Pemahaman Matematis. Jurnal Pendidikan, 10(2), pp.57-66.

Mulyasa. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Dosen dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasir, A. Muhajir. 2016. Statistika Pendidikan. Yogyakarta : Media Akademi

Orton, A., 2004. Learning mathematics: Issues, theory and classroom practice. Bloomsbury Publishing.

Qurohman, M.T., 2017. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kalkulus Lanjut Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-Op Co-Op. CAKRAWALA Jurnal Pendidikan, 11(1).

Qurohman, M.T., 2017, May. Analisis Perangkat Pembelajaran Group Investigation Berbasis RME untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Kalkulus. In Prosiding 2nd Seminar Nasional IPTEK Terapan (SENIT) 2017 (Vol. 2, No. 1, pp. 156-161).

Rahmawati, Fitriana. 2013. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Collection of seminar papers semitara FMIPA university Lampung 2013, 225-238.

Sudia, M., Kadir.(2014), Developing Skills Resolution Mathematical Primary School Students. International Journal of Education and Research, 2, pp.601-614




DOI: https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i0.2674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by

width="150"

Garuda - Garba Rujukan Digital

SINTA - Science and Technology Index

Index of /public/site/images/septi

 Index Copernicus International (ICI)

Tools:

Turnitin

crossref

Mendeley

Supported By:

Universitas Merdeka Malang




Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang

Mailing Address:

Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
Phone/Fax: +62341-5080008
Email: abdimas@unmer.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.