PENERAPAN STRATEGI TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

Ratri Candra Hastari

Abstract


Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah: 1)sebagai karya yang tidak dipublikasikan hasil dari pengembangan penelitian internal dan 2) sebagai acuan dalam penerapan metode maupun penerapan strategi pembelajaran di dalam kelas oleh pendidik. Dengan melaksanakan kegiatan ini, manfaat yang dapat dipetik oleh beberapa pihak, antara lain:1) bagi guru matematika, memberikan masukan yang berharga berupa pengetahuan dan keterampilan praktis bagi guru-guru matematika dalam rangka mengupayakan memaksimalkan penerapan strategi  tutor sebaya di kelas dalam meningkatkan motivasi hasil belajar dan sebagai masukan kepada guru-guru tentang alternatif pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran dan 2) bagi calon guru atau calon pendidik, sebagai masukan kepada mahasiswa calon pendidik tentang alternatif pembelajaran tutor sebaya yang dapat digunakan dalam pembelajaran.

 

DOI: https://doi.org/10.26905/abdimas.v4i1.2811


Keywords


tutor sebaya; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Arjanggi, R., & Siprihatin, T. (2010). Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi-Diri. Makara, Sosial Humaniora, 14(2), 91- 97.

Apriyani, D., & Harta, I. (2012). Upaya Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. http://eprints.ums.ac.id.

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 5(2), 168-181.

Hayati, Z. (2013). Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Tutor Sebaya terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi di SMA Srijaya Negara Palembang. Academia.edu

Muhammad, M, A. (2009). Pengaruh Metode Tutor Sebaya terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA. http://etd.repository.ugm.ac.id.

Sholi, N. (2015). Penerapan Model Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Reported Speech terhadap Hasil Belajar Peserta didik MAN Kota Probolinggo. E-journal UMM, 1(1), 126-132.




DOI: https://doi.org/10.26905/abdimas.v4i1.2811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by

width="150"

Garuda - Garba Rujukan Digital

SINTA - Science and Technology Index

Index of /public/site/images/septi

 Index Copernicus International (ICI)

Tools:

Turnitin

crossref

Mendeley

Supported By:

Universitas Merdeka Malang




Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang

Mailing Address:

Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
Phone/Fax: +62341-5080008
Email: abdimas@unmer.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.