Peningkatan Pemasaran Melalui Strategi Branding dan Identitas Untuk Mocca Animation Studio Malang

Sultan Arif Rahmadianto, Bintang Pramudya P.P., Tegar Andito

Abstract


Program ipteks bagi masyarakat (IbM) ini bertujuan untuk menerapkan branding dan identitas dalam strategi pemasaran usaha jasa animasi Mocca Animation Studio, Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Strategi untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui program IbM yang terbagi dalam dua kegiatan, yaitu (1) pelatihan materi branding dan identitas sebagai alat pemasaran yang efektif khususnya untuk industri animasi dan (2) pendampingan perancangan corporate identity system Mocca Animation Studio. Sasaran program ini adalah studio animasi Mocca di Kelurahan Sawojajar, Kedungkandang, Malang. Kegiatan pelatihan branding dan identitas dilaksanakan dalam satu kali pertemuan dengan co-founder dan CEO Mocca Animation Studio dalam bentuk presentasi dan diskusi. Kemudian kegiatan pendampingan perancangan corporate identity system Mocca Animation Studio dilaksanakan selama kurang lebih 6 bulan dalam bentuk program pendampingan. Keberhasilan program ipteks bagi masyarakat ini ditentukan berdasarkan peningkatan wawasan tentang branding dan identitas sebagai alat pemasaran dan menerapkannya disetiap kegiatan pemasaran di Mocca Animation Studio. Hasilnya adalah meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang pemasaran usaha jasa animasi dan adanya buku panduan corporate identity system Mocca Animation Studio sebagai dasar dalam penerapan identitas dan branding khususnya pada kegiatan pemasaran. Hasil ini menggambarkan bahwa program pengabdian pada masyarakat studio animasi Mocca Animation Studio Malang efektif dalam mengenalkan branding dan identitas sebagai alat pemasaran di industri animasi.

Keywords


IbM, Mocca Animation Studio, branding, identitas

References


Irawati, Dahlia, “Menggairahkan Industri Animasi di Malang”. Kompas, 2016.

Rianti, Eny, “Peranan Departemen Pemasaran Sebagai Ujung Tombak Keberlangsungan Usaha PT Produk Rekreasi Kids Fun”.Theses, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta, 2013.

Wheeler, Alina. Design Brand Identity. Willey and Sons inc. US, 2009.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.