PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI : PEMBUATAN BELT CONVEYOR DAN OVEN PERMANEN PADA UPGRADING BRIKET ARANG BATOK KELAPA

Hendrato Setiabudi Nugroho, Diyah Candra Anita, Retno Wulandari

Abstract


Globalisasi sudah tidak bisa dihindarkan lagi dan harus dihadapi oleh para pengusaha Indonesia terutama UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Bagi UKM, pasar global memberikan peluang sekaligus tantangan. Oleh karenanya, diperlukan sebuah metode yang tepat bagi UKM untuk dapat menghadapi tantangan tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dalam program PPPE Upgrading Briket Arang Batok Kelapa Berorientasi Ekspor ini adalah sebagai berikut: (1) memacu pertumbuhan ekspor produk UKM di Indonesia melalui pertumbuhan pasar yang kompetitif; (2) mempercepat alih teknologi dan manajemen masyarakat perguruan tinggi ke masyarakat UKM; (3) mengembangkan sinergi antara UKM, Perguruan Tinggi, Pemerintah Daerah dan masyarakat. Metodologi yang dilakukan guna mencapai tujuan tersebut adalah melalui rapat koordinasi dan diskusi ilmiah, serta pembuatan alat dengan alih teknologi guna efisiensi produksi. Hasil implementasi adalah : (1) meningkatkan persentase volume ekspor dengan perluasan unit produksi dan penambahan karyawan; (2) tercapainya efisiensi produksi briket arang batok kelapa sekaligus alih teknologi dengan membuat mesin belt conveyor dan oven permanen, serta peralihan bahan bakar selama pengeringan.

 

DOI: https://doi.org/10.26905/abdimas.v4i1.3237


Keywords


briket arang; teknologi tepat guna; belt conveyor; oven permanen

Full Text:

PDF

References


Arfani, R. N. (2013). GVC (Global Value Chain) Framework : Perspective & Practices to Comprehend Local – Global Nexus in Trade Relations, Makalah untuk Short Course Series in International Trade (SCSIT) PSPD (Pusat Studi Perdagangan Dunia), UGM : Yogyakarta.

Downing J., & Campbell, R. (2014). Briefing paper, The Value Chain Framework, USAID, https://www.maxwell.syr.edu/uploadedFiles/exed/sites/pgppm/Program_Readings/10_21_abonyi-Value_Chain_Framework.pdf

Dunn, E., Sebstad, J., Batzdorff, L., & Parsons H. (2006). Lessons Learned on MSE Upgrading in Value Chains: A Synthesis Paper, AMAP BDS Knowledge and Practice, microREPORT #71, USAID/G/EGAT/MD, Washington, D>D>: ACDI/VOCA.

Kula, O., Downing, J., & Field, M. (2006). Globalization and the Small Firm: A Value Chain Approach and Poverty Reduction, AMAP BDS Knowledge and Practice, micro report #42, USAID/G/EGAT/MD, Washington, D.C.: ACDI/VOCA.




DOI: https://doi.org/10.26905/abdimas.v4i1.3237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by

width="150"

Garuda - Garba Rujukan Digital

SINTA - Science and Technology Index

Index of /public/site/images/septi

 Index Copernicus International (ICI)

Tools:

Turnitin

crossref

Mendeley

Supported By:

Universitas Merdeka Malang




Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang

Mailing Address:

Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
Phone/Fax: +62341-5080008
Email: abdimas@unmer.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.