PEMANFAATAN MODEL PENGEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM PEMBUATAN ANIMASI IN TERAKTIF “HIJAIYAH ADVENTURE” MENGGUNAKAN APLIKASI CONSTRUCT 2

Yoki Firmansyah

Abstract


Animasi Interaktif “Hijaiyah Adventure” yaitu sebuah permainan dengan model pertualangan yang mana permainan ini memperkenalkan huruf huruf hijaiyah secara menyenangkan. Adapun tujuan dari dibuatnya game ini agar anak anak lebih mengerti dan lebih tertarik dalam mempelajari huruf hururf hijaiyah, dan dapat pula menjadi alat pendukung orang tua untuk mengajarkan anak anaknya, model yang di gunakan untuk mengembangkan permainan ini adalah model pengembangan multimedia, dan menggunakan tools Construct serta photoshop dari pembuatan awal hingga pengujian, adapun yang menjadi hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi permainan berbentuk animasi interaktif yang mengenalkan huruf huruf hijaiyah kepada anak anak.

 

DOI : https://doi.org/10.26905/jtmi.v5i1.2853


Keywords


Animasi Interaktif, Huruf Hijaiyah, Contruct

Full Text:

PDF

References


Ashari, Y. 2016. Adveture Indonesia. [Online] https://play.google.com/store/apps/details?id=com.yusuf.adind. Diakses 23-9-2018

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta : Cv.Andi Offset

David. 2016. Petualangan Jarwo. [Online] https://play.google.com/stor/apps/details?id=com.dixplaymedia.petualanganjarwo&hl=in. Diakses 22-9-2018

Fauzi, Anas. 2015. “Pembuatan Game the Legend of Wiro Sableng Berbasis Android Menggunakan Unity 3D”. Laporan Tugas Akhir. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Firmansyah, Y. (2017). Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Aplikasi Pelayanan Anggota Pada CU Duta Usaha Bersama Pontianak. Bianglala Informatika, 5(2).

Garnic, I., Adam Lobel, & Rutger C. M. E. Engels. 2014. “The Benefits of Playing Video Games”.Jurnal American Psycologist Vol. 69, No 1, 66-78.

Irsa, Rita Wiryasaputra, Sri Primaini. “PERANCNGAN APLIKASI GAME EDUKASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN LINIER CONGRUENT METHOD (LCM).” Jurnal Informatika Global Vol 6 No.1 Desember 2015

Nazruddin, S.H. 2012. ANDROID: Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis Android (Edisi Revisi).Bandung: Informatika Bandung.

Suprizal. 2012. “Pembuatan Game Tembak-Tembakan Pertempuran Surabaya Berbasis Flash”. Skripsi, Amikom Yogyakarta. [online] http://repository.amikom.ac.id/file/Publikasi%2009.12.3598.pdf

Iksan Komputer. (2020). Iksan Komputer. [online] Available at: https://www.iksankomputer.web.id/ [Accessed 13 Jan. 2020].

Wiratama, A. 2016. Petualangan Baseta. [Online] https://play.google.com/stor/apps/details?id=com.petualangan.baseta. Diakses 21-9-2018




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmi.v5i1.2853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



ndexing by
width="150"

SINTA - Science and Technology Index

Index Copernicus International (ICI)

Tools

Turnitin

crossref

Mendeley

Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika 


Fakultas Teknologi Informasi
University of Merdeka Malang

Alamat:

Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
(0341) 566462
Email: jurnal.fti@unmer.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.