Implementasi Algoritma Dijkstra Pada Pencarian Rute Terpendek ke Museum di Jakarta

Aldy Cantona, Fauziah Fauziah, Winarsih Winarsih

Abstract


Persoalan jarak dan awamnya pencarian rute adalah masalah setiap orang ketika mengunjungi tempat-tempat tertentu. Pada penelitian ini, algoritma Dijkstra digunakan untuk mengkalkulasi jarak paling dekat dari satu titik ke museum yang dipilih menjadi tujuan. Pada aplikasi ini dirancang agar beroptimasi mencari rute ke museum dengan bobot jarak paling pendek di kota Jakarta. Dalam proses pencarian mampu diselesaikan menggunakan metode algoritma dijkstra sehingga kita mampu mengetahui tahapan kerja aplikasi dengan solusi perhitungan metode algoritma dijkstra. Mencari jalur terpendek dengan metode algoritma dijkstra dalam bentuk graf dengan bobot dan pemetaan area yang saling terhubung melalui jalur yang sudah ditentukan. Aplikasi ini dirancang agar berjalan pada smartphone dengan platform android yang digunakan mayoritas pada saat ini. Berdasarkan pengujian didapatkan pemilihan rute terpendek menggunakan algoritma dijkstra dinilai sangat efektif berdasarkan pencarian rute terpendek dari setiap perhitungan bobot jarak dengan node yang dijalurkan kearah tujuan.

 

DOI: https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i1.3837


Keywords


Algoritma Dijkstra; Android; Flutter; Jalur Terpendek; Museum

References


Aprilianingsih, E. P., Primananda, R., & Suharsono, A. (2017). Analisis Fail Path Pada Arsitektur Software Defined Network Menggunakan Dijkstra Algorithm. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 1(3), 174–183.

Galih, E. C., & Rio Andriyat Krisdiawan. (2018). IMPLEMENTASI ALGORITMA DIJKSTRA PADA APLIKASI WISATA KUNINGAN BERBASIS ANDROID. 12, 11.

Ginting, J. V., Barus, E. S., Informatika, M., Informasi, S., Utara, S., & Dijkstra, A. (2018). Aplikasi Penentuan Rute Rumah Sakit Terdekat Menggunakan Algoritma Dijkstra. 2(2), 1–8.

Junanda, B., Kurniadi, D., & Huda, Y. (2016). Pencarian Rute Terpendek Menggunakan Algoritma Dijkstra pada Sistem Informasi Geografis Pemetaan Stasius Pengisian Bahan Bakar Umum. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, 4(1), 1–8.

Martin Nugroho Parapat, Deddy Kusbianto, C. R. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Pencarian Rute Terpendek Jasa Kiriman Barang Berbasis Mobile Dengan Metode Algoritma Dijkstra. Informatika Polinema, 1(2), 15–19.

Nugroho, S. C., Nurhayati, O. D., & Widianto, E. D. (2015). Aplikasi Pencarian Rute Perguruan Tinggi Berbasis Android Menggunakan Location Based Service ( LBS ) di Kota Semarang. 3(2), 311–319.

Retnani, W. E. Y., Istiadi, D., & Roqib, A. (2015). Pencarian SPBU Terdekat dan Penentuan Jarak Terpendek Menggunakan Algoritma DIJKSTRA (Studi Kasus di Kabupaten Jember). Jurnal Nasional Teknik Elektro, 4(1), 89. https://doi.org/10.25077/jnte.v4n1.132.2015

Yusuf, M. S., Az-zahra, H. M., & Apriyanti, D. H. (2017a). Implementasi Algoritma Dijkstra Dalam Menemukan Jarak Terdekat Dari Implementasi Algoritma Dijkstra Dalam Menemukan Jarak Terdekat Dari Lokasi Pengguna Ke Tanaman Yang Di Tuju Berbasis Android ( Studi Kasus di Kebun Raya Purwodadi ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(August), 1779–1781.

Yusuf, M. S., Az-zahra, H. M., & Apriyanti, D. H. (2017b). Implementasi Algoritma Dijkstra Dalam Menemukan Jarak Terdekat Dari Lokasi Pengguna Ke Tanaman Yang Di Tuju Berbasis Android ( Studi Kasus di Kebun Raya Purwodadi ). 1(12), 1779–1787.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.