Investigasi Cacat Makro pada Pengecoran Al Si Variasi Holding Time Peleburan

Johan Wayan Dika, Abi Suwito, Y. R. Pratiwi, Dewi Izzatus Tsamroh

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bentuk cacat makro akibat holding time pada peleburan coran Al-Si. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian eksperimental dengan jenis pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yang dilakukan dengan cara merangkum hasil penelitian berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan. Pengamatan cacat makro diamati dengan foto makro. Secara umum cacat makro yang terjadi adalah lubang jarum, pelekat, rontok cetakan, salah alir dan sumbat dingin. Secara khusus, terjadi cacat porositas pada spesimen dengan variasi holding time peleburan 15, 25, dan 35 menit pada pengecoran logam Al-Si secara berurutan adalah 4,22 %, 3,07%, dan 3,08%.

Keywords


Al-Si Cor; Holding Time; Cacat Makro; Porositas

Full Text:

PDF

References


B. Kusharjanta and D. Ariawan, “Kajian Letak Saluran Masuk (Ingate) Terhadap Cacat Porositas, Kekerasan, Dan Ukuran Butir Paduan Aluminium Pada Pengecoran Menggunakan Cetakan Pasir.,” Mekanika, vol. 10, no. 1, 2011.

S. Djiwo and A. Eko Purkuncoro, “Analisis Kekerasan Al-Cu Dengan Variasi Prosentase Paduan Cu Pada Proses Pengecoran Dengan Penambahan Serbuk Degasser.,” J. Flywheel, vol. 9, no. 1, 2014.

V. S. Zotolorovsky, N. A. Belov, and M. V. Glazolf, Casting Aluminium Alloy. Moscow, 2007.

Rusnoto, “Studi Kekuatan Impak pada Pengecoran Paduan Al-Si (Piston Bekas) dengan Penambahan Unsur Mg.,” J. Foundry, vol. 3, no. 2, pp. 24–28, 2013.

P. S. Hermawan, H. Purwanto, and S. M. B. Respati, “No TitleAnalisa Pengaruh Variasi Temperatur Tuang Pada Pengecoran Squeeze Terhadap Struktur Mikro Dan Kekerasan Produk Sepatu Kampas Rem Dengan Bahan Aluminium (Al) Silikon (Si) Daur Ulang.,” Maj. Ilm. MOMENTUM, vol. 9, no. 2, 2013.

G. K. C. J. Rogo, “Pengaruh Variasi Suhu Tuang Terhadap Kekerasan Dan Struktur Mikro Pada Hasil Remelting Aluminium Tromol Supra X Dengan Cetakan Logam.,” J. Nosel, vol. 2, no. 2, 2013.

M. Taufiq, M. Murjito, and D. Kurniawati, “Pengaruh Variasi Holding Time Peleburan terhadap Karakteristik Logam Al-Si Menggunakan Cetakan Pasir,” REM (Rekayasa Energi Manufaktur) J., vol. 3, no. 1, pp. 21–27, 2018.

A. E. Purkuncoro and A. Taufik, “Analisis Perbandingan Model Cacat Coran Pada Bahan Besi Cor Dan Aluminium Dengan Variasi Temperatur Tuang Sistem Cetakan Pasir,” Ind. Inov. J. Tek. Ind., vol. 6, no. 1, pp. 38–44, 2016.

A. R. Sadewo, “Pengaruh Variasi Posisi Pola Terhadap Cacat Coran, Struktur Mikro, dan Kekerasan dari Hasil Coran Pembuatan Produk Tutup Motor Listrik Dengan Metode Cetakan Pasir (Sand Casting),” Universitas Semarang, 2019.

B. Suharnadi and N. Santoso, “Variasi Penambahan Fluk Untuk Mengurangi Cacat Lubang Jarum Dan Peningkatan Kekuatan Mekanik,” J. Mater. dan Teknol. Proses, vol. 1, no. 1, 2015.

A. Fahruddin, “Simulasi Dan Perbaikan Pengecoran Cetakan Pasir Pada Crankshaft Sinjai (Mesin Jawa Timur) Material Fcd 600Title,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2015.

M. Fachri, “Pengaruh Pengikat Cetakan Pasir Terhadap Kualitas Produk Pulley Berbahan Alumunium Daur,” Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, 2020.

P. Aji, “Pengaruh Kadar Air Pada Pasir Cetak Terhadap Jenis Cacat Coran, Struktur Mikro, dan Kekerasan Pengecoran Aluminium Bekas,” Universitas Semarang, 2019.

F. F. F. K. Palagan, “Pengaruh model sistem saluran pada proses pengecoran logam Al-Si dengan penggunaan 15% lumpur Porong, Sidoarjo sebagai pengikat pasir cetak terhadap cacat cor fluiditas dan kekerasan cor,” J. Tek. Mesin, vol. 23, no. 2, 2017.

S. Sulardjaka, A. Suprihanto, and P. Wahyudi, “Analisis Cacat Cor Pada Proses Pengecoran Burner Kompor (Studi Kasus Di Pt. Suyuti Sido Maju, Ceper),” ROTASI, vol. 12, no. 3, pp. 27-33., 2010.

S. Sugeng and L. Anggraini, “Analisis Cacat Porositas Pada Aluminium Sebagai Aplikasi Tuas Kendaraan Bermotor Diproses Dengan Die Casting Tekanan Tinggi.,” n Pros. Semin. Nas. Cendekiawan, pp. 49–54, 2018.

R. Y. Salam and A. Shahab, “Studi Eksperimental Pengaruh Model Sistem Saluran dan Variasi Temperatur Tuang terhadap Prosentase Porositas, Kekerasan dan Harga Impact pada Pengecoran Adc 12 dengan Metode Lost Foam Casting,” J. Tek. ITS, vol. 4, no. 1, 2015.




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmt.v17i1.5201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TRANSMISI

Universitas Merdeka Malang

Mailing Address:

Jalan Terusan Dieng 62-64 Malang, 65146, East Java, Indonesia
Phone: 081333961913 Fax: (0341) 560836
Email: jm.transmisi@unmer.ac.id