Archives


2011

Vol 3, No 2 (2011): July 2011

Kajian tentang Kearifan lokal tidak akan pernah kering dan usang dimakan waktu. Hal ini membuktikan bahwa pengetahuan local telah teruji sepanjang sejarah keberadaannya. Sehingga banyakyang mengharapkan dan meyakininya bahwa nilai-nilai dan pengetahuan local yang terkandung dalam setiap "produk budaya suatu komunitas, menjadi sangat signifikan untuk dipelajari. Walaupun demikian tidak sedikit yang memandang bahwa nilai-nilai local yang identik dengan budaya tradisional merupakan hal yang dianggap kuno dan tidak layak dipertahankan.

Vol 3, No 1 (2011): February 2011

Jurnal Online Local Wisdom, telah memasuki tahun ketiga yang terbit untuk keenam kalinya. Periode penerbitan setiap dua bulan memerlukan energi yang cukup besar dalam mengumpulkan artikel yang konsisten dalam ranah kajian kearifan lokal. Tertib terbit yang tepat waktu menjadi komitmen yang akan terus secara konsisten dijalankan. Untuk edisi keenam ini redaksi mengucapkan terimakasih pada para kontributor yang membahas tema sentral lingkungan permukiman. Kehadiran Edisi keenam ini dapat menjadi memperkaya wacana atau kajian kearifan lokal.

2010

Vol 2, No 4 (2010): December 2010

Artikel2 tersebut diharapkan akan semakin menambah wacana akan pentingnya kajian2 local wisdom. paling tidak dapat memperkuat pemahaman bahwa nilai-nilai local. Pengkayaan pendekatan analisa kajian kearifan lokal pada edisi kelima ini diharapkan dapat semakin memperkaya kajian-kajian dimasa mendatang untuk dapat semakin "mempertegas dan memperkuat keunian produk. budaya lokal

Vol 2, No 3 (2010): September 2010

Jurnal Online Local Wisdom, sampai pada edisi ke 4 ini berusaha untuk tetap konsisten dalm mengangkat kajian tentang Kearifan lokal. Tema pada edisi ini lebih dititik beratkan pada kajian ruang kota, walaupun tidak atau belum bisa menghadirkan topik yang benar-benar satu aspek yang sama. Walaupun demikian kehadiran Edisi keempat ini dapat menjadi memperkaya wacana atau kajian kearifan lokal.

Vol 2, No 2 (2010): March 2010

Kajian tentang Kearifan lokal tidak akan pernah kering dan usang dimakan waktu. Hal ini membuktikan bahwa pengetahuan local telah teruji sepanjang sejarah keberadaannya. Sehingga banyakyang mengharapkan dan meyakininya bahwa nilai-nilai dan pengetahuan local yang terkandung dalam setiap "produk budaya suatu komunitas, menjadi sangat signifikan untuk dipelajari. Walaupun demikian tidak sedikit yang memandang bahwa nilai-nilai local yang identik dengan budaya tradisional merupakan hal yang dianggap kuno dan tidak layak dipertahankan.

Vol 2, No 1 (2010): January 2010

Pemahaman budaya fisik sacara steril memang akan memunculkan suatu kesan upaya untuk mem-pusaka-kan (Prijotomo, 2009) suatu warisan. Akan lebih bijaksana apabila kita mampu menggali pengetahuan local (indigenous knowlwdge), sehingga esensi design akan lebih membuka peluang terhadap upata-upaya inovasi design yang lebih kaya. Dalam hal ini diperlukan suatu perubahanmind set atau cara pandang dalam penggalian potensi kearifan local dalam perencanan dan perancangan lingkungan binaan. Sebenarnya ruhnya menjadi jelas bahwa penggalian potensi kekanyaan kearifan local sebagai "produk budaya nusantara sebenarnya merupakan "proses pemahaman bahwa dalam pepernacaan dan perancangan lingkungan binaan harus bersifat "arif dan "bijaksana dalam melakukan "intervensi fisik terhadap suatu entitas komunitas tertentu.

2009

Vol 1, No 1 (2009): November 2009

Rasa haus akan mendapatkan wadah berekspresi dalam bentuk tulisan dan bahan bacaan terasa sedikit terobati dengan terealisirnya jurnal online Local Wisdom ini. Penerbitan ini bertujuan untuk semakin menyebarluaskan pemahaman, pengetahuan serta opini dari berbagai kalangan (akademisi, praktisi bahkan para birokrat) yang peduli atas kelestarian kearifan lokal dalam berbagai segi kehidupan. Media ini merupakan penyambung kegiatan seminar kearifan lokal yang diselenggarakan di Jurusan Arsitektur Unmer Malang tanggal 7 Agustus 2009, sebagai implementasi Program PHK A-2 jurusan Arsitektur Unmer Malang. Untuk memberikan ruang lebih lanjut bagi studi-studi local wisdom, pada akhir seminar dinyatakan bahwa seminar akan berlanjut dalam berbagai bentuk (penerbitan buku, seminar local wisdom 2, 3...dst), yang kemudian dikembangkan dengan menerbitkan jurnal onlineLocal Wisdom.Edisi Perdana ini sengaja diangkat 4 tulisan dari seminar yang baru lalu, untuk "memancing" tulisan-tulisan lain untuk EDISI KEDUA. Redaktur mengundang segala kritik saran serta yang sangat kami harapkan adalah sumbangan naskah yang akan dimuat pada penerbitan edisi mendatang.Terimakasih atas segala bantuan pemikiran dan kebesaran hati untuk selalu berbagi pengetahuan dalam forum local wisdom ini.

2016

Vol 6, No 1 (2016): The Local Culture Wisdom; Its Theory and Practices in Architecture and City Design

The Architecture and the city design are the optimization of the design criteria as a form of community culture. Community settlements and cities with local cultural characteristics have the potential characteristics of local knowledge for the realization of the city that is very unique and specific. The architectural character similarityof the city as illustrated by Eko Budihardjo (1992), should not ever going to happen if we are able to develop local wisdom in architecture and city planning and design.The potential of Local Culture (values, norms, structures and social relations, as well as the form of the built environment) are very diverse constitute an important source of knowledge and must learn to get the criteria, and the design concept of Architecture and the City. The main issue in this journal seeks to bring together research resources as well as the review of the theory of local wisdom in the realm of theory and practical. Editors invite the authors who have the results of the research and review of the literature to utilize online publication in the Local Wisdom Scientific Online Journal.

1 - 10 of 10 Items    



JURNAL LOCAL WISDOM

Department of Architecture
University of Merdeka Malang

Mailing Address:

Address: Jl. Puncak Jaya No. 36, Malang, Indonesia
Email: lwsoj17@gmail.com
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
....................................................................................................................................................
Copyright © 2012-2017 All Rights Reserved modified by admin Unmer Malang