Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Barang Dan Pengeloaan Expired Date Product Berbasis Web (Studi Kasus Pada Diani Mini Mart)

Ni Wayan Purnita Sari

Abstract


Perkembangan dunia usaha saat ini menjadikan teknologi informasi sebagai pilar penting dalam berjalannya kegiatan operasional suatu perusahaan guna mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan Diani Mini Mart adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan toko ritel yang telah berdiri sejak tahun 1992 sampai saat ini. Adapun permasalahan yang di hadapi yaitu masih banyak beredar produk yang kadaluwarsa serta pencatatan dan pengelolaan data persediaan masih dilakukan secara manual oleh admin gudang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem informasi akuntansi persediaan dan pengelolaan expired date product berbasis web guna meningkatkan kualitas produk serta memudahkan pengelolaan persediaan barang. Metode persediaan yang digunakan dalam penelitian ini untuk metode pencatatan persediaan menggunakan Metode Permanen dan untuk metode penilaian persediaan menggunakan Metode Rata-Rata Tertimbang. Hasil penelitian menunjukan secara keseluruhan sistem pencatatan pada Diani Mini Mart masih dilakukan secara maual belum ada pencatatan sistem persediaan dan belum ada sistem untuk mengecek barang yang sudah kadaluwarsa. Jadi cara untuk mengatasi masalah tersebut dengan dibuatkan sistem informasi akuntansi persediaan barang, jadi dari sistem yang telah dibuat diharapkan memudahkan dalam pengecekan barang kadaluwasa dengan adanya notifikasi pada sistem serta pencatatan persediaan menjadi lebih akurat.

 

DOI: 10.26905/ap.v6i1.3951


Keywords


Expired; Inventory; Information Systems

Full Text:

PDF ()

References


A. M. Doyle-Moss, S. Sor, S. D. Krupka, and A. Potts. (2018). “Crossing the Language Barrier: A Role-Playing

Activity,” Nurse Educ., vol. 43, no. 1, pp. 7–8.

F. Purwaningtias. (2016). " Sistem Informasi Apotek Menggunakan Metode First Expiry First Out (FEFO) Pada Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang, " J. Informatika, vol. 2, no.1.

F. A. T. Tobing, S. M. Mustafa, M. Hamami. (2017). “Perancangan Sistem Informasi Jadwal Investigasi Expired Date Makanan dan Minuman,” J. SISFOTEK GLOBAL, vol.vol. 2, no. 2.

A. Pratama and A. S. Nurani. (2018). “Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Bahan Baku menggunakan Metode First Expired First Out,” Ilm. Manaj. Inform. dan Komput., vol. 02, no. 02, pp. 38–49.

H. W. Luthfi and B. K. Riasti. (2011). “Sistem Informasi Perawatan Dan Inventaris Laboratorium Pada Smk Negeri 1 Rembang Berbasis Web,” J. Speed – Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 10, no. 1, pp. 83–91.

M. Nawang, L. Kurniawati, D. Duta. (2017). “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Data Persediaan Barang Berbasis Dekstop Dengan Metode Waterfall,” J. PILAR Nusa Mandiri, vol. 13, no. 2.

S. Sophian. (2014). "Pengimplementasian Dan Perancanagan Sistem Informasi Penjualan Dan Pengendalian Stok Pada Toko Swastika Servis (SS) Bangunan Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0 Di Dukung Dengan Database MySQL," J. Momentum, vol.16, no.2.

T. S. Ramadhan et al. (2008). “Persediaan Barang Berbasis Web Pada Program Non Reguler Fakultas Sains Jakarta Program Non Reguler,”




DOI: https://doi.org/10.26905/ap.v6i1.3951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Indexing by

 

width="150"

Garuda - Garba Rujukan Digital

 

Index of /public/site/images/septi

Index Copernicus International (ICI)

 Tools:

 

Turnitin

crossref

Mendeley

 

Supported By:

 

Universitas Merdeka Malang

 


JURNAL AKUNTANSI DAN PERPAJAKAN

Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Merdeka Malang

Mailing Address:

Jalan Terusan Raya Dieng 62-64 Malang
East Java, Indonesia
Phone: 085855234000
Email: akuntansi.pajak@unmer.ac.id


 

Copyright ©2021 University of Merdeka Malang Powered by Open Journal Systems.