Analisis Karakterisitk Keuangan Memengaruhi Kelengkapan Pengungkapan Laporan Tahunan Perusahaan Manufaktur

Yanto Yanto, Mustafidah Nur Maulida

Abstract


Indeks kelengkapan pengungkapan laporan tahunan perusahaan manufaktur masih sekitar 57,06%, ini menunjukkan emiten belum melakukan keterbukaan informasi kepada investor. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor kinerja keuangan mempengaruhi kelengkapan pengungkapan laporan tahunan perusahaan manufaktur. Penelitian ini menggunakan data sekunder laporan tahunan perusahaan manufaktur sektor industri periode 2017-2019. Sampel sebanyak 60 perusahaan dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian yaitu profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap kelengkapan pengungkapan laporan tahunan perusahaan manufaktur, sedangkan leverage dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap kelengkapan pengungkapan laporan tahunan.

Keywords


Kelengkapan Pengungkapan, Leverage, Likuiditas, dan Profitabilitas

Full Text:

PDF

References


Agustina, D. (2006). Analisis Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Transportasi, Perdagangan Dan Manufaktur Yang Tercatat Di Bursa Efek Jakarta. Bisnis dan Akuntansi, 8(2), 28.

Anisa, W. D. (2011). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Kepemilikan Saham Publik Terhadap Pengungkapan Laporan Tahunan. 146.

Arif, A. B. (2006). Analisis Pengaruh Rasio Leverage, Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas, Porsi Saham Publik, Dan Umur Perusahaan Terhadap Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi Dan Keuangan Publik, 1, 8.

Ariyanti (2015). Pengaruh Corporate Governance dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Praktik Pengungkapan Laporan Tahunan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Semarang.

Cerdas, P. (2019). Retrieved from https://publikcerdas.com/2019/09/07/laporan-keuangan-bagian-kedua/ .

Chariri, Anis., dan Ghozali, Imam., (2007). Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Daniel, (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Likuiditas Terhadap Luas Pengungkapan Laporan Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). 24.

Evans, Thomas G. (2002). Accounting Theory: Contemporary Accounting Issues. Australia: Thomson, South-Western.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitman, Lawrence J. (2003). Principles of Managerial Finance. Boston : Pearson Addision Wesley.

Hani, Syafrida. (2015). Teknik Analisa Laporan Keuangan. Medan: UMSU PRESS.

http://bisnis.liputan6.com.

Ikatan Akuntan Indonesia (2012). Standar Akuntansi Keuangan. PSAK. Jakarta: Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Karuniasari, P. (2013). Analisis Pengaruh Leverage, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Laporan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur di BEI. 106.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT RajaGrafindo. Persada.

Keputusan Direksi PT Bursa Efek Jakarta Nomor : Kep-307/BEJ/07-2004, tentang Peraturan Nomor 1-E tentang Kewajiban Penyampaian Laporan.

M, J. A. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. JOM Fekon, 4(1), 15.

Mardiyanto, Handono (2009). Intisari Manajemen Keuangan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia (GRASINDO).

Nugraha, R., & Hapsari, D. W. (2015). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Pelaporan Keuangan. e-Proceeding of Management, 2, 166.

Rachmadillah, E. K. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. 32.

Rafika, & Mustika Debby, A. (2011). Faktor Yang Mempengaruhi Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. ISSN, 6(2), 11.

Sembiring, H. (2012). Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaa Terhadap Kelengkapan dalam Laporan Tahunan Perusahaan Manufaktur di BEI. jurnal Mediasi, 4(1), 68.

Sidharta, Juaniva dan Christianti, Sherly. (2007). Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Kelengkapan Pengungkapan Sukarela dalam Laporan Keuangan. Jurnal Ekonomi, Volume XVII, No. 2.

Sofiana, N. (2010). Analisis Karakteristik Perusahaan Terhadap Kelengkapan Pengungkapan dalam Laporan Tahunan Perusahaan Menufaktur yang Tedaftar di BEI. Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.26905/ap.v7i2.6353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Indexing by

 

width="150"

Garuda - Garba Rujukan Digital

 

Index of /public/site/images/septi

Index Copernicus International (ICI)

 Tools:

 

Turnitin

crossref

Mendeley

 

Supported By:

 

Universitas Merdeka Malang

 


JURNAL AKUNTANSI DAN PERPAJAKAN

Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Merdeka Malang

Mailing Address:

Jalan Terusan Raya Dieng 62-64 Malang
East Java, Indonesia
Phone: 081359808072
Email: akuntansi.pajak@unmer.ac.id


 

Copyright ©2021 University of Merdeka Malang Powered by Open Journal Systems.