PENGARUH SUARA (SOUND) PADA TEMPAT KERJA (WORKPLACE)

Erna Winansih

Abstract


Banyak faktor menentukan produktivitas dan kepuasan kita dalam bekerja tapi dalam dekade ini ahli psikologi telah menyadari bahwa lingkungan fisik merupakan mediator yang penting dalam penentuan produktivitas dan kepuasan pegawai atau pekerjanya.

Kebisingan berpengaruh banyak pada perilaku bekerja. Dalam setting industri dapat mengakibatkan kehilangan pendengaran yang serius. Kebisingan yang amat sangat khususnya berbahaya jika pekerja tidak menyadari terjadinya kurang pendengaran yang lambat laun mengakibatkan ketulian dan hampir tidak dipersepsi. Selain melihat akibat-akibat dari kebisingan ini berpengaruh pada penurunan performansi, tergantung pada jenis pekerjaan atau tugas yang dikerjakan, personil itu sendiri (manusianya), dan tipe kebisingan. Kebisingan mengancam atau berpengaruh buruk terhadap performansi saat kombinasi pegawai tertentu, jenis tugas (pekerjaan) tertentu dan tipe kebisingan yang juga terjadi, tapi tidak dalam lingkungan lainnya.Pada jenis pekerjaan tertentu kebisingan justru cukup meningkatkan atau memberikan semangat (arouse) performansi seseorang.

Kebisingan di kantor mungkin akan mempengaruhi perilaku interpersonal yang penting, mungkin dengan berkurangnya tolong menolong. Terdapat juga dugaan bahwa jika seseorang terpapar dengan kebisingan atau suara yang keras dalam jangka waktu yang lama akan berpengaruh pada fisiologis selain kehilangan pendengaran (tuli).

Keywords


Suara, bising, performansi, tempat kerja

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26905/mintakat.v4i1.1955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by

width="150"

Garuda - Garba Rujukan Digital

SINTA - Science and Technology Index

Index of /public/site/images/septi

 

Index Copernicus International (ICI)

Tools:

Turnitin

crossref

Mendeley

Supported By:

Universitas Merdeka Malang




MINTAKAT: Jurnal Arsitektur

Mailing Address:

Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
Phone/Fax: +62341-568395
Email: mintakat.arsitektur@unmer.ac.id