INTEGRASI KONEKTIVITAS UNTUK ANAK AUTISTIK DENGAN KARAKTERISTIK HIPERSENSITIF DAN HIPOSENSITIF

Adisti Safrilia

Abstract


Anak-anak autistik memiliki karakteristik khusus dalam indera penglihatan mereka yang digunakan untuk membantu mereka merespons stimulasi sensorik tertentu. Untuk membantu mereka berbaur dalam lingkungan yang sama, beberapa hal diperlukan untuk merangsang indra mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan sensorik untuk merancang pusat rehabilitasi untuk anak-anak dengan autisme. Dalam pusat rehabilitasi ini diperlukan ruang untuk mengakomodasi 2 karakter autisme: 1) hipersensitif dan hiposensitif di satu tempat, salah satunya adalah menghadirkan ruang pertemuan untuk mereka dengan menggunakan taman sensorik sebagai elemen pencahayaan alami, tempat sosial, dan sebagai lingkungan penyembuhan yang mampu menyediakan ruang untuk perbaikan anak. Karakter ini diperlukan untuk menentukan proses terapi, psikologis, dan sensorik yang akan diterima dengan baik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis sebagai pembahasan utama. Diperoleh dari yang diharapkan dapatkan deskripsi sedekat mungkin dengan pengalaman autisme individu. Desain elemen bangunan akan membahas desain sensorik dan perilaku anak autis, desain gerakan massa, bentuk, ruang, penggunaan bahan menjadi pertimbangan utama dalam percakapan.

 

DOI: https://doi.org/10.26905/mj.v19i2.3486

 


Keywords


autisme, perilaku, rehabilitasi, sensorik

Full Text:

PDF 85-96

References


Cross, Nigel. 2005. Engineering Design Methods: Strategies for Product Design 4th Edition; England: John Wiley & Sons LTD.

Malnar, Joy Monice & Vodvarka, Frank. 2004. Sensory design. Minneapolis: University of Minnesota Press.

Mostafa, Magda. 2008. An Architecture for Autism : Concept of Design Intervention for the Austistic User. archnet-IJAR. 2 189 – 211.

Quartier, Katelijn.2008. Atmospheric tools in commercial spaces: creating experiences which influence consumers mood and behaviour. Proceedings of the International Symposium.

Yatim, F. 2003. Autisme : Suatu Gangguan Jiwa pada

Anak-anak. Jakarta : Pustaka Populer Obor.




DOI: https://doi.org/10.26905/mj.v19i2.3486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by

width="150"

Garuda - Garba Rujukan Digital

SINTA - Science and Technology Index

Index of /public/site/images/septi

 

Index Copernicus International (ICI)

Tools:

Turnitin

crossref

Mendeley

Supported By:

Universitas Merdeka Malang




MINTAKAT: Jurnal Arsitektur

Mailing Address:

Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
Phone/Fax: +62341-568395
Email: mintakat.arsitektur@unmer.ac.id