KAJIAN CITRA KOTA DALAM BRANDING CITY BEAUTIFUL MALANG

Authors

  • Josaf Sayoko Magister Arsitektur Program Pascasarjana Universitas Merdeka Malang
  • Respati Wikantiyoso Magister Arsitektur Program Pascasarjana Universitas Merdeka Malang

DOI:

https://doi.org/10.26905/mj.v20i1.3796

Keywords:

Branding City, Citra Kota, Malang Beautiful

Abstract

Keindahan fisik kota merupakan kondisi, karakter, citra  yang terbentuk dari setting lingkungan binaan dan lingkungan alamiahnya. Upaya membuat City Branding dengan mengangkat tema Beautiful Malang menjadi relevan apabila diikuti dengan upaya-upaya pemerintah kota untuk menjaga â€keindahan lingkungan buatan dan alamiahnya†dalam kebijakan pengembangan kota Malang. Upaya pemerintah Kota Malang menggunakan City Branding "Malang Beautiful" dilakukan untuk memperkuat image kota Malang sebagai kota untuk tujuan wisata lingkungan binaan. Pembahasan tentang persepsi keindahan suatu kota tidak terlepas dari permasalahan image dari pengguna kota.Dengan demikian pembahasan beautiful Malang sebagai branding, maka tidak akan terlepas dari pemahaman Image suatu kota/ kawasan. Pemahaman image sebuah kota mencakup 5 elemen, yakni Path, Edge, District, Nodes, dan Landmark. Tulisan ini bertujuan mengkaji City Branding Beautiful Malang ditinjau dari teori Citra kota  yang dikemukakan oleh Kevin Lynch dalam bukunya " Image of The City".

 

DOI: https://doi.org/10.26905/mj.v20i1.3796

References

Al-Kodmany, K. (2001). Supporting imageability on the World Wide Web: Lynch’s five elements of the city in community planning. Environment and Planning B: Planning and Design, 28(6), 805–832. https://doi.org/10.1068/b2746t

Anholt, S. (2007). Competitive Identity: The New Brand Management for Nations, Cities and Regions. New York: Palgrave.

Ashworth, G., & Voogd, H. (1990). Selling the City: Marketing Approaches in Public Sector Urban Planning. London: Belhaven Press.

Derek, G., Johnston, R., & Pratt, G. (2009). Quality of Life. Dictionary of Human Geography (5th ed.). Oxford, UK: Wiley- Blackwell.

Hamid, S. (1985). Urban Design Process (illustrate). Calofornia: Van Nostrand Reinhold.

Hu, M., & Chen, R. (2018). A Framework for Understanding Sense of Place in an Urban Design Context. Urban Science, 2(2), 34. https://doi.org/10.3390/urbansci2020034

Jansson, J., & Power, D. (2006). Image of the City: Urban Branding as Constructed Capabilities in Nordic City Regions, Research Report. Oslo: Nordic Innovation Centre.

Juwito, J., Wikantiyoso, R., & Tutuko, P. (2019). Kajian Persentase Ruang Terbuka Hijau pada Implementasi Revitalisasi Taman Kota Malang (Study of Percentage of Green Open Space in the Implementation of Malang City Park Revitalization). Local Wisdom : Jurnal Ilmiah Kajian Kearifan Lokal. https://doi.org/10.26905/lw.v11i1.2686

Kieith, D. (2011). City Branding: Theory and Cases. London: Palgrave Macmilan.

Kjartansdóttir, T. K. (2014). Theories of place making and local development planning. 1–25.

Kotler, P., & Gertner, D. (2002). Country as a brand, product and beyond: A place marketing and brand management perspective. Journal of Brand Management, 9(4–5).

Lynch, K. (1960). Image of The City. Cambridge: MIT Press.

Murfianti, F. (2010). Membangun City Branding Melalui Solo Batik Carnival. Penelitian Seni Dan Budaya, 2(1).

Stevens, Q. (2006). The shape of urban experience: A reevaluation of Lynch’s five elements. Environment and Planning B: Planning and Design, 33(6), 803–823. https://doi.org/10.1068/b32043

Toolis, E. E. (2017). Theorizing Critical Placemaking as a Tool for Reclaiming Public Space. American Journal of Community Psychology, 59(1–2), 184–199. https://doi.org/10.1002/ajcp.12118

Wikantiyoso, R. (2005). Paradigma Perencanaan dan Perancangan Kota (2nd ed.). Malang: Grup Konservasi Arsitektur dan Kota.

Wikantiyoso, Respati. (2005). Ulasan Disain Urban Kawasan Idjen Boulevard (2nd ed.). Malang: Grup Konservasi Arsitektur dan Kota.

Wikantiyoso, Respati. (2007). Perencanaan dan Perancangan Kota Sebagai Penduan Pengembangan Kota ( Antara Idealisme dan Ketaatan Implementasinya ) D.

Wikantiyoso, Respati, & Tutuko, P. (2014). Editorial introduction: Special Issue on Local Wisdom for Better City Planning. International Review for Spatial Planning and Sustainable Development, 2(4). DOI: http://dx.doi.org/10.14246/irspsd.2.4_1 (18)

World Health Organization. (2017). Urban green spaces: a brief for action. 24. Retrieved from http://www.euro.who.int/__data/assets/pdf_file/0010/342289/Urban-Green-Spaces_EN_WHO_web.pdf?ua=1

Downloads

Published

2019-12-24

How to Cite

Sayoko, J., & Wikantiyoso, R. (2019). KAJIAN CITRA KOTA DALAM BRANDING CITY BEAUTIFUL MALANG. Mintakat: Jurnal Arsitektur, 20(1), 19–31. https://doi.org/10.26905/mj.v20i1.3796

Issue

Section

Articles