OBYEKTIFITAS DAN SUBYEKTIFITAS NILAI PERUMAHAN SEBAGAI PERMASALAHAN PERMUKIMAN PADA DAERAH LEMBAH SUNGAI YANG TERDAMPAK BANJIR

Brina Oktafiana

Abstract


Lembah DAS Kali Lamong merupakan area yang menjadi langganan banjir musiman yang merupakan banjir kiriman dari daerah-daerah yang lebih tinggi, salah satunya adalah Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik. Desa Kedung Rukem adalah salah satu area permukiman di Kecamatan Benjeng yang terdampak banjir tersebut. Hal tersebut berdampak pada nilai perumahan di sekitar lembah DAS Kali Lamong yang juga identik dengan sektor pertanian. Munculnya penilaian yang negatif pada perumahan pun ditengarai menjadi suatu permasalahan permukimannya. Namun masyarakat tetap tinggal dan menjaga eksistensi permukimannya, sehingga diduga terdapat penyebab dari keduanya, dimana masyarakat justru memperoleh suatu keberdukungan dan minim muncul masalah selama mereka tinggal, yang dapat diindikasikan dari munculnya nilai positif pada pengukuran housing value. Sehingga identifikasi permasalahan dalam permukiman yang muncul dapat diukur melalui Nilai Perumahan (Housing Value) pada faktor moneter juga non-moneter. Nilai aktual (obyektif) dan nilai yang berlaku (subyektif) diambil pada tiap rumah tangga yang ada lingkungan perumahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur dan mengidentifikasi permasalahan permukiman berdasarkan dua sudut penilaian yang berbeda pada Desa Kedung Rukem. Berada dalam paradigma post-positivism, penelitian ini termasuk jenis penelitian eksploratif, dengan metode penelitian mix-methods, dan pendekatan kualitatif-kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai positif akibat nilai obyektif yang lebih tinggi dari nilai subyektif sangat berperan dalam mendukung aktivitas bermukim dan menutupi kelemahan faktor-faktor yang merugikan dalam perumahan.

DOI : https://doi.org/10.26905/mj.v21i2.4388


Keywords


obyektif, subyektif, moneter, non-moneter, nilai perumahan

Full Text:

pdf 117-139

References


Carter, J. G., G. Cavan, A. Connelly, etc. (2015). "Climate change and the city: Building capacity for urban adaptation." Progress in Planning 95(0): 1-66.

Kodoatie, R. J. and Sugiyanto (2002). Floods, Some Causes and control them Methods in Environmental Perspectives--Banjir, Beberapa Penyebab dan Metode Pengendaliannya dalam Perspektif Lingkungan. Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Kundzewicz, Z. W. (2014). "Adapting flood preparedness tools to changing flood risk conditions: the situation in Poland." Oceanologia 56(2): 385-407.

Maslow, A. H. (1984). Motivation and Personality: Theory of Motivation By Definition Hierarchy of Human Needs--Motivasi dan Kepribadian: Teori Motivasi Dengan Ancangan Hirarki Kebutuhan Manusia. Bandung, Remaja Rosda Karya.

Moediarta, R. and P. Stalker (2007). The other side of climate change - Why Indonesia must adapt to protect its poorest people--Sisi lain perubahan iklim--Mengapa Indonesia harus beradaptasi untuk melindungi rakyat miskinnya. Jakarta, UNDP Indonesia.

Ranger, N. and S. Fisher (2012). The Challenges of Climate Change and Exposure Growth for Disaster Risk Management in Developing Countries, Government Office of Science, Foresight project ‘Reducing Risks of Future Disasters: Priorities for Decision Makers’.

Sukandar, PA. 2017. Menggagas Pelestarian Permukiman Tradisional Dusun Sade sebagai Lansekap Budaya yang Mampu Mengantisipasi Kebutuhan Penghuninya. Mintakat: Jurnal Arsitektur, Vol 18, No 2 (2017): September 2017

Turner, J. F. C. (1977). Housing by People: Towards Autonomy in Building Environments. New York, Pantheon Books.

Tutuko, P. (2017). Perkembangan Pola Spasial Kampung Pada Sentra Usaha Berbasis Rumah Tangga (Ubr). MINTAKAT Jurnal Arsitektur,18(1).39-52.




DOI: https://doi.org/10.26905/mj.v21i2.4388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by

width="150"

Garuda - Garba Rujukan Digital

SINTA - Science and Technology Index

Index of /public/site/images/septi

 

Index Copernicus International (ICI)

Tools:

Turnitin

crossref

Mendeley

Supported By:

Universitas Merdeka Malang




MINTAKAT: Jurnal Arsitektur

Mailing Address:

Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
Phone/Fax: +62341-568395
Email: mintakat.arsitektur@unmer.ac.id