CHILDREN’S PLAY CENTER DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKSPRESIONIS DI ROKAN HULU

Rahayu Febrianti, Muhd Arief Al Husaini, Wahyu Hidayat

Abstract


Sepertiga populasi Indonesia terdiri dari anak-anak, dengan total sekitar 80 juta anak. Anak adalah aset bangsa paling berharga sebagai penentu masa depan Indonesia. Anak-anak merupakan masa emas pertumbuhan dan perkembangan manusia. Anak-anak tumbuh dan berkembang setiap harinya melalui bermain. Pada umumnya, anak-anak di Rokan Hulu bermain di dalam rumah, halaman rumah, di gang-gang perumahan, ataupun di jalanan, karena kurangnya RTH dan fasilitas publik ramah anak. Kebutuhan untuk menjamin bahwa anak memiliki tempat bermain yang dirancang baik, aman, dan menyediakan lingkungan bermain yang dapat merangsang perkembangan anak mendorong terbentuknya sebuah Children’s Play Center. Children’s Play Center adalah pusat bermain anak-anak dibawah pengawasan, yang membantu merangsang perkembangan anak melalui materi dan arsitektur. Bermain merupakan cara seorang anak mengekspresikan diri. Oleh karenanya Arsitektur Ekspresionis merupakan pendekatan perancangan sangat sesuai dengan fungsi objek. Tema yang diterapkan pada Children’s Play Center adalah “Balon”. Balon dipilih sebagai tema perancangan untuk mengeskpresikan apa yang sangat sering disukai anak-anak dalam berbagai kesempatan kegembiraan. Balon mengekspresikan pesta, perayaan, dan membuat suasana lebih meriah. Tema balon sangat dominan dalam menentukan bentuk fisik bangunan yang terelaborasikan pada konsep bentuk bangunan, konsep material bangunan dan konsekwensinya terhadap interior bangunan.

------------------------------------------------------------------------------------

One third of Indonesia's population consists of children, with a total of around 80 million children. Children are the nation's most valuable asset as a determinant of Indonesia's future. Children are a golden period of human growth and development. Children grow and develop every day through play. In Riau, Rokan Hulu Regency has 231,055 children. In general, children in Rokan Hulu play indoors, in the yard, in residential alleys, or on the streets, due to the lack of green open space and child-friendly public facilities. The need to ensure that children have a well-designed, safe, and play environment that can stimulate children's development encourages the formation of a Children's Play Center. The Children's Play Center is a supervised children's play center, which helps stimulate children's development through materials and architecture. Play is a way for a child to express himself, so that the application of Expressionist Architecture is in accordance with the function of the design object. The concept applied to the Children's Play Center is “Balon”, because children generally like balloons. Balloons express parties, celebrations and make the atmosphere more festive.


Keywords


Anak, Bermain, Children’s Play Center, Arsitektur Ekspresionis

Full Text:

PDF

References


Admin. (2015). GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN.

Amouzegar, Z., Naeini, H. S., & Jafari, R. (2010). Design principle of playgrounds’ equipments and spaces for children: An interaction education approach. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 1968–1971. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.265

Encyclopedia of Children’s Health. (2014). www.healthofchildren.com/P/Play.html

Fadlillah, M. 2017. Buku Ajar Bermain & Permainan. www.prenadamedia.com

FARDANI, K. J. (2015). CHILDREN ACTIVITY CENTER FASILITAS EDUKASI BERBASIS ALAM DI SURAKARTA.

Hurlock, E. B. (1978). BAB II LANDASAN TEORITIS 2.1 Perkembangan Anak. 11–41.

Hutapea, C. R., Razziati, H. A., & S., N. (2015). Taman Bermain Anak dengan Penekanan Aspek Keamanan dan Kenyamanan di Tarekot Malang. Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur, 3(3), 2.

Linawati. (2011). ISTANA ANAK.

Rachmawati, A. (2015). Jurnal online mahasiswa Arsitektur Universitas Tanjungpura. 3, 18–36.

Rifqi, K. (2015). Arena bermain edukatif anak.

Siswanto, M. dan. (2012). PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP SENI EKSPRESIONIS DALAM RANCANGAN ARSITEKTUR. 7.

Suminar, D. R. (2019). Psikologi Bermain: Bermain & Permainan bagi Perkembangan Anak. https://books.google.co.id/books?id=tx-wDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=psikologi+bermain&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwipm4qj9uTpAhW67HMBHfhMALEQ6AEIKjAA#v=onepage&q=psikologi bermain&f=false

Unicef. (2020). Situasi anak di indonesia 2020.




DOI: https://doi.org/10.26905/jam.v23i2.7094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by

width="150"

Garuda - Garba Rujukan Digital

SINTA - Science and Technology Index

Index of /public/site/images/septi

 

Index Copernicus International (ICI)

Tools:

Turnitin

crossref

Mendeley

Supported By:

Universitas Merdeka Malang




MINTAKAT: Jurnal Arsitektur

Mailing Address:

Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
Phone/Fax: +62341-568395
Email: mintakat.arsitektur@unmer.ac.id