Kajian Penerapan Arsitektur Bioklimatik pada Voza Office Surabaya

- Nadhifah, Vijar Galax Putra Jagat Paryoko

Abstract


Pertumbuhan startup atau usaha rintisan dengan berbagai terobosan kreatif dan layanannya terus bermunculan di Surabaya. Desain StartUp Office baik eksterior maupun interior dapat merepresentasikan identitas utama kantor. Desain yang tepat dapat menjadi salah satu faktor estetika perusahaan. Dengan lingkungan yang nyaman dan menarik, penghuni ruang dapat meningkatkan produktivitas kerja, maka beriringan pula pada performa perusahaan secara keseluruhan.. Arsitektur bioklimatik merupakan konsep arsitektural yang mampu menjawab permasalahan iklim dengan sadar akan potensi sumber daya alam seperti cahaya matahari, angin dan air hujan. Konsep tersebut dapat di aplikasikan pada bentuk bangunan yang dapat memberikan kesan tertentu pada fasad dan interior yang mempengaruhi kenyamanan karyawan sehingga diharapkan dapat mendukung aktivitas yang ada di dalam bangunan. Penelitian ini mengkaji konsep Arsitektur bioklimatik dengan objek studi kasus yaitu Voza Office di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dan observasi lapangan. Penelitian ini bertujuan dapat memberikan wawasan terkait dengan pemaksimalan arsitektur bioklimatik pada gedung Voza Office di Surabaya. Hasil studi ini menemukan bahwa Voza Office telah menerapkan arsitektur bioklimatik terutama pada poin orientasi bangunan, bukaan jendela, hubungan landscape dan alat pembayang pasif. Kata kunci: arsitektur bioklimatik, kantor, Voza Tower.

-------------------------------------------------------------------------------------------

Startup growth with various creative breakthroughs and services continues to emerge in Surabaya. The design of the StartUp Office, both exterior and interior, can represent the main identity of the office. The right design can be one of the company's aesthetic factors. With a comfortable and attractive environment, the occupants of the space can increase work productivity, so along with the company's overall performance. Bioclimatic architecture is an architectural concept that is able to answer climate problems by being aware of the potential of natural resources such as sunlight, wind, and rainwater. This concept can be applied to the shape of the building that can give a certain impression on the facade and interior that affects the comfort of employees so that it is expected to support the activities in the building. This study examines the concept of bioclimatic architecture with a case study object, namely Voza Tower in Surabaya. This study aims to provide insight related to maximizing bioclimatic architecture in the Voza Office building in Surabaya. This study found that Voza Office has implemented a bioclimatic architecture, especially in building orientation points, window openings, landscape relationships, and passive shading.


Keywords


arsitektur bioklimatik, kantor, Voza Tower

Full Text:

PDF

References


Faqih, M. (2014, December 19). 12 Gedung di Surabaya Raih Penghargaan Green Building.

Farizi, A., & Aqli, W. (2021). Pendekatan Arsitektur Modern Minimalis pada Bangunan Perkantoran. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi.

Kompas.com. (2018). Menuju Era Baru Pertumbuhan Start Up di Surabaya. Diakses pada 20 Mei 2022, dari https://biz.kompas.com/read/2018/10/29/082740828/menuju-era-baru-pertumbuhan-start-up-di-surabaya

Muchta, A. (2019, June 21). Teknik Pengumpulan Data Observasi : Pengertian, Metode dan Contohnya. Diakses pada 07 April 2022, dari https://www.autoexpose.org/2019/06/metode-observasi.html

Sendari, A. A. (2019). Mengenal Jenis Penelitian Deskriptif Kualitatif pada Sebuah Tulisan Ilmiah. Diakses pada 07 April 2022, dari https://hot.liputan6.com/read/4032771/mengenal-jenis-penelitian-deskriptif-kualitatif-pada-sebuah-tulisan-ilmiah

Sensharma, N. P., Woods, J. E., & Goodwin, A. K. (1998). Relationship Between The Indoor Environtment and Productivity.

Voza Tower. (2021). Diakses pada 07 April 2022, dari Voza Tower: https://www.vozatower.com/

Wahjutami, E. L. (2017). Kesenjangan Konsep Dan Penerapan Gaya Modern Minimalis Pada Bangunan Rumah Tinggal. Mintakat: Jurnal Arsitektur.

Walidona, A. R. (2017). Desain Interior Coworking Space DiLo Surabaya untuk Meningkatkan Produktifitas dan Inovasi Pengguna. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Wicaksono, A. A., & Tisnawati, E. (2014). Teori Interior. Griya Kreyasi.

Yeang, K. (1994). Bioclimatic Skycraper. Michigan: Ellipsiss.




DOI: https://doi.org/10.26905/jam.v24i1.9278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by

width="150"

Garuda - Garba Rujukan Digital

SINTA - Science and Technology Index

Index of /public/site/images/septi

 

Index Copernicus International (ICI)

Tools:

Turnitin

crossref

Mendeley

Supported By:

Universitas Merdeka Malang




MINTAKAT: Jurnal Arsitektur

Mailing Address:

Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
Phone/Fax: +62341-568395
Email: mintakat.arsitektur@unmer.ac.id