Game Centre di Kota Palangka Raya
Abstract
Di Indonesia game sudah berkembang cukup pesat sehingga para peminatnya pun cukup banyak, berbagai jenis dan teknologi game sudah banyak bermunculan di Indonesia dengan mengikuti perkembangan teknologi-teknologi di masa sekarang. Pada penelitian yang pernah di teliti oleh Khantri, 2020 yang menyatakan bahwa Palangka Raya mendapatkan raihan tertinggi yakni dengan nilai 71,9. Ketertarikan masyarakat terhadap game itu juga bisa dilihat dari diadakannya berbagai perlombaan tingkat Kota Palangka Raya baik itu di warnet, rental penyewaan, ataupun di sekolah-sekolah. Tidak hanya perlombaan saja namun salah satu Sekolah Negeri di Kota Palangka Raya yaitu SMAN 2 Palangka Raya sudah resmi memasukkan game ke dalam ekstrakurikuler sekolah mereka sejak agustus 2022. Dengan banyaknya minat masyarakat dalam bermain game, ramainya event-event atau perlombaan yang diselenggarakan, kemudian karena itulah akan dibutuhkannya wadah untuk bermain sehingga para pemain game bisa bermain game yang mereka ingin mainkan, dan juga mereka dapat mengembangkan bakat mereka dalam game. Game centre ini akan menggunakan penerapan prinsip Ruang Bermain Ramah Anak dan Prinsip Universal Desain yang nantinya akan diterapkan kedalam rancangan bangunan. Pada proses perancangan Game Centre menggunakan metode pengumpulan data studi literatur dan analisis dari studi banding dalam pengumpulan data sebagai acuan dalam proses perancangan Game Centre dengan penerapan Konsep Ruang Bermain Ramah Anak. Hasil rancangan berupa bangunan dengan penerapan konsep Ruang Bermain Ramah Anak dan menambahkan prinsip universal desain yang akan diterapkan kedalam bangunan sehingga semua orang dapat mengaksesnya dengan mudah dan aman.
Full Text:
PDFReferences
Arta, 2022. Game Centre Di indonesia. Perencanaan Dan Perancangan Games Center Di Denpasar
Agustini, Pratiwi. 2020. Indonesia Game Rating System.
(On- Line), https://aptika.kominfo.go.id/2020/01/indonesia-game-rating-system-igrs-3/
https://Palangka Raya.go.id. (Diakses Pada 03 Oktober 2022)
Caesar, R. 2015. Jurnal Tentang Jenis-Jenis Game. Kajian Pustaka Perkembangan Genre Games
Dari Masa Ke Masa
Christiawan, R. 2018. Jurnal Tentang Jenis-Jenis Game Perancangan Interior Pusat Permainan
Di Bandung Interior Design Of Game Center In Bandung
Erni, Agustina, 2021. Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA), Public Playground Safety
Handbook. Jakarta. Penerbit : Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan
Perlindungan Anak RI
Fajri, C, 2012. Perkembangan Game Di Indonesia. Jurnal Tantangan Industri Kreatif-Game Online
Di Indonesia
Kota Palangka Raya. 2019. Peraturan Daerah (PERDA) tentang Rencana Tata Ruang
Wilayah Kota Palangka Raya Tahun 2019. Pemerintah Kota Palangka Raya;
Palangka Raya.
Katri, Hadrik. 2020. Indonesia Top Cities On Mobile Games Experience.
(On-Line), https://www.opensignal.com/2020/06/25/indonesias-top-cities-on-mobile-games-experience-palangka-raya-pekanbaru-and-banda-aceh). (Diakses pada 03 Oktober 2022).
Kota Palangka Raya. 2019. Peraturan Daerah (PERDA) tentang Rencana Tata Ruang
Wilayah Kota Palangka Raya Tahun 2019. Pemerintah Kota Palangka Raya;
Palangka Raya.
Neufert, 1996 & 2002. Buku Data Arsitek Jilid I dan II. alih bahasa, Sunarto Tjahjadi. Erlangga.
Prijadi, Ryo Kurniawan. 2020. Game Centre Di Indonesia. Jurnal Manado Game Center
Permen PUPR No. 14. 2017. Prinsip Universal Desain
Rizal, M. 2019. Jurnal Tentang Game Centre. Pontianak Game Center
Surbakti, K. 2017. Perkembangan Game Di Indonesia. Jurnal Curere Pengaruh Game Online
Terhadap Remaja
Wibawa arie, Baju. Widiastuti, Kurnia. 2020. Standar Dan Implementasi Desain Universal
Pada Bangunan Gedung Dan Lingkungan. Sleman : Penerbit DEEPUBLISH.
DOI: https://doi.org/10.26905/jam.v25i1.9440
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by
Index Copernicus International (ICI)
Tools:
Supported By:
MINTAKAT: Jurnal Arsitektur Mailing Address: Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146 Phone/Fax: +62341-568395 Email: [email protected]
|