Reader Comments

Pengertian K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)

by adi wandi (2022-03-29)


Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau disingkat K3 adalah kondisi kerja yang sehat dan memberikan keselamatan bagi tenaga kerja. Definisi K3 juga diungkapkan oleh berbagai sumber, seperti ILO dan undang-undang.

Menurut Organisasi Perburuhan Internasional (ILO), keselamatan dan kesehatan kerja adalah promosi dan pemeliharaan derajat tertinggi kesejahteraan fisik, mental dan sosial untuk semua pekerja di semua jenis pekerjaan, dengan mencegah masalah kesehatan kerja dan melindungi pekerja dalam hal apapun kali. bekerja dari risiko yang berasal dari faktor-faktor yang dapat mengganggu kesehatan, menempatkan dan menjaga pekerja dalam lingkungan kerja yang sesuai dengan kondisi fisiologis dan psikologis pekerja serta menciptakan keserasian antara pekerjaan dan pekerja dengan fungsinya masing-masing. ahli K3 umum

Sedangkan menurut Occupational Safety and Health Administration (OSHA), pengertian K3 adalah penerapan pengetahuan dalam studi risiko keselamatan manusia dan harta benda, baik di dalam maupun di luar industri. Kesehatan dan Keselamatan Kerja adalah disiplin multidisiplin yang terdiri dari fisika, kimia, biologi dan ilmu perilaku dengan aplikasi dalam produksi, transportasi dan penanganan bahan berbahaya.