Peran Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek dalam Mendorong Keputusan Pembelian Sabun Pencuci Piring Merek “Sama Cling”
Abstract
Abstract
The purpose of this study is to ascertain and evaluate how brand image, price, and product quality affect consumers' decisions to buy dishwashing soap under the "sama cling" brand. This study approach makes use of quantitative methodologies. This particular research methodology employs the techniques of statistik and data gathering via questionnaire distribution to participants. In this study, a sample of 60 respondents was selected using the purposive sampling approach in order to assess the impact of variable X on variable Y. The multiple liner regression equation, coefficient of determination, and hypothesis testing were utilized, partially and simultaneously. The findings indicated that the purchase of "Sama Cling" dish soap is influenced by the inert variables of price, product quality, and brand image. The most dominant factor that influencing purchasing decisions is product quality.
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi bagaimana citra merek, harga, dan kualitas produk mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sabun pencuci piring dengan merek "Sama Cling". Teknik metode kuantitatif digunakan dalam proses penelitian ini. Metodologi penelitian ini menggunakan teknik statistik dan mengumpulkan data dengan cara mengirimkan kuesioner kepada partisipan. Penelitian ini menggunakan strategi pemilihan purposif untuk memilih sampel sebanyak 60 responden untuk menilai dampak dari variabel X terhadap variabel Y dengan menggunakan persamaan regresi liner berganda, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis secara parsial dan simultan. Temuan menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti citra merek, harga, dan kualitas produk memiliki pengaruh terhadap keputusan orang untuk membeli sabun cuci piring "Sama Cling". Faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian adalah kualitas produk.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
https://malangkota.bps.go.id/indicator/5/99/1/rata-rata-pengeluaran-perkapita-sebulan-menurut-kelompok-komoditas-bukan-makanan-di-kota-malang.html
Amilia, S. Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi Di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, Universitas Samudra. 2017.
Irawan, R. Pengaruh Inovasi Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Ringan Yagi Yagi Di Easy Café Bandung. Bandung: Universitas Komputer Indonesia; 2016.
Razak, I., & Nirwanto, N. The Impact Of Product Quality And Price On Customer. Journal Of Marketing And Consumer Satisfaction. 2007; 30(2012), 59–68.
Wati, Y. K., & Djawoto, D. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Texas Chicken Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM). 2019; 8(5), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Kotler, P & Keller, KL. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta.
Razak, I., & Nirwanto, N. The Impact Of Product Quality And Price On Customer. Journal Of Marketing And Consumer Satisfaction. 2012; 59–68. Universitas Merdeka Malang.
Suyanto. Pendidikan Karakter dalam Persfektif Teori dan Praktik Yogyakarta: UNY Press. 2012.
Kotler, P & Armstrong. 2012. Marketing Management. New Jersey
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2018.
DOI: https://doi.org/10.26905/jiv.v5i2.11808
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Industrial View has been indexing:
Journal of Industrial View has been tools:
Index Copernicus International (ICI)
Journal of Industrial View A scientific periodical of the Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, University of Merdeka Malang Mailing Address: Address: Jl. Taman Agung No. 1, Malang, Indonesia, 65146 Email: [email protected]
|