Penentuan Strategi Pengembangan Usaha Olahan Ikan Bandeng melalui Penerapan Metode SWOT dan Fuzzy AHP (Studi Kasus: UD. Arshaindo)

Ni Luh Putu Hariastuti, Muhammad Mudhofar

Abstract


Abstract  Business development in Indonesia, especially in the fish processing business, really needs support from advances in technology and information as factors that have an important role in encouraging people's purchasing power. UD Arshaindo is one of the small-scale home-based industrial players in the culinary sector which operates in the fish processing sector. Milkfish is the main raw material for this company. Problems that arise at UD. Arshaindo is a decrease in product sales levels from the previous year. The decline in sales of processed fish products could be caused by changes in market demand, decline in product quality, intense competition, environmental crisis, lack of marketing strategy, changes in raw material prices, and changes in government policy. The variety of factors causing this requires companies to be able to anticipate changes that occur by formulating appropriate strategies as an effort to increase sales and the competitiveness of fish processing businesses. In this research, the strategy development process refers to the SWOT and Fuzzy AHP method analysis. The SWOT method is used to formulate various strategies to increase sales and Fuzzy AHP completes the analysis in an effort to decide on the most appropriate strategy from among the strategies produced at the SWOT method stage. The research results showed that UD. Arshaindo is in quadrant I which leads to a growth strategy by utilizing strengths to seize existing opportunities (SO). Based on strategic priorities using the fuzzy AHP method, the SO2 strategy (creating new processed milkfish variants through selecting quality raw materials and increasing workers' abilities with the aim of maintaining people's consumption interest) was obtained as the first priority with a weight of 0.4688 and SO1 (developing a sales system for both online markets and offline by utilizing marketing technology through safe and attractive packaging and appropriate digital promotion) as the second priority with a weight of 0.2739. By implementing the design strategy, the hope of increasing sales and the Company's competitiveness can be achieved well.  Abstrak Perkembangan usaha di negara Indonesia khususnya pada bisnis pengolahan ikan, sangatlah diperlukan dukungan kemajuan teknologi dan informasi sebagai faktor yang memiliki peran penting dalam mendorong daya beli masyarakat. UD Arshaindo adalah salah satu pelaku industri dengan skala kecil rumahan pada sektor kuliner yang bergerak dibidang pengolahan ikan. Ikan bandeng merupakan bahan baku utama perusahaan ini. Permasalahan yang muncul pada UD. Arshaindo adalah terjadinya penurunan tingkat penjualan produk dari tahun tahun sebelumnya. Penurunan penjualan produk olahan ikan bisa disebabkan oleh adanya perubahan permintaan pasar, penurunan kualitas produk, persaingan ketat, krisis lingkungan, kurangnya strategi pemasaran, perubahan harga bahan baku, dan perubahan kebijakan pemerintah. Cukup beragamnya faktor penyebab ini, menuntut pihak Perusahaan dapat mengantisipasi perubahan yang terjadi dengan melakukan perumusan strategi yang tepat sebagai upaya meningkatkan penjualan dan daya saing usaha pengolahan ikan. Dalam penelitian ini proses pengembangan strategi mengacu pada analisis metode SWOT dan fuzzy AHP. Metode SWOT digunakan untuk merumuskan berbagai strategi peningkatakan penjualan dan fuzzy AHP melengkapi analisis didalam usaha memutuskan pemilihan strategi yang paling tepat dari sekian strategi yang dihasilkan pada tahapan metode SWOT. Hasil penelitian menunjukkan UD. Arshaindo berada di kuadran I yang mengarah pada strategi pertumbuhan dengan memanfaatkan kekuatan untuk meraih peluang yang ada (SO). Berdasarkan prioritas strategi dengan metode fuzzy AHP diperoleh strategi SO2 (menciptakan varian olahan bandeng baru melalui pemilihan bahan baku berkualitas serta meningkatkan kemampuan pekerja dengan tujuan mempertahankan minat konsumsi masyarakat) sebagai prioritas pertama dengan bobot 0,4688 dan SO1 (mengembangkan sistem penjualan baik pasar online maupun offline dengan memanfaatkan teknologi pemasaran melalui kemasan yang aman dan menarik serta promosi digital yang tepat) sebagai prioritas kedua dengan bobot 0,2739. Dengan menerapkan strategi rancangan maka harapan peningkatan penjualan dan daya saing Perusahaan dapat tercapai dengan baik

Keywords


Strategi; Ikan Bandeng; SWOT; Fuzzy; AHP

Full Text:

PDF

References


F. Setiawati, “Manajemen Strategi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan,” Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, vol. 30, no. 1, pp. 57–66, Jan. 2020, doi: 10.52030/attadbir.v30i01.31.

H. Hasan, “Dampak Teknologi dalam Transaksi Bisnis UMKM,” Jurnal PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, vol. 11, no. 2, 2020.

E. G. Permata, I. Kusumanto, M. Nur, and M. N. Sijabat, “Analisis Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode SWOT dan AHP Untuk Meningkatkan Volume Penjualan,” Teknik Industri, no. November, pp. 609–616, 2019.

A. Mursit, A. Wahyono, and Y. Setiawan, “Strategi Peningkatan Ekspor Produk Kelautan Perikanan ke Pasar Eropa,” Jurnal Manajemen USNI, vol. 6, no. 2, Feb. 2022.

F. Hanum and C. Rusmina, “Strategi Ekspansi Usaha UMKM dengan Pendekatan Metoda Hybrid SWOT Analisis dan AHP,” Jurnal Serambi Engineering, vol. 8, no. 1, pp. 4991–4999, 2023.

A. Putra and F. Ramadhani, “Strategi Pengembangan Model Bisnis Klaster Industri Tomat Krispi Daumato Berdasarkan Analisis SWOT danBMC,” Journal of Industrial View, vol. 2, no. 1, pp. 33–42, 2020.

M. Kurniawan, I. Santoso, and H. Silaban, “Sari Belimbing Business Development Strategy Planning with SWOT Method and Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP)(Case Study of CV Angkasa Jaya,” vol. 3, no. 1, pp. 26–31, 2019.

I. Radiarta and E. Erlania, “Analisis Pengembangan Perikanan Budidaya Berbasis Ekonomi Biru Dengan Pendekatan Analytic Hierarchy Process (AHP),” Jurnal Sosek KP, vol. 10, no. 1, 2015.

R. Pongsamma and P. Hariastuti, “Strategi Meningkatkan Profit Product Support Alat Berat Dengan Pendekatan SWOT Analysis dan Design Thinking,” Jurnal SENOPATI, vol. 4, no. 2, Apr. 2023.

B. Nahavandi and M. Homayounfar, “A Fuzzy Analytical Hierarchy Process for evaluation of knowledge management effectiveness in research centers,” IJAHP, vol. 15, no. 1, pp. 1–30, 2023.




DOI: https://doi.org/10.26905/jiv.v6i1.12385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Industrial View has been indexing:

SINTA - Science and Technology Index


Journal of Industrial View has been tools:

Index Copernicus International (ICI)



Journal of Industrial View

A scientific periodical of the Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, University of Merdeka Malang
 

Mailing Address:

Address: Jl. Taman Agung No. 1, Malang, Indonesia, 65146
Email: jiv@unmer.ac.id

 


View My Stats