Rancangan Usulan Identifikasi Kebutuhan Alat Pemadam Api Ringan di Program Studi Teknik Industri Universitas Merdeka Malang

Ika Anggraeni Khusnul Khotimah

Abstract


Kebakaran merupakan kejadian yang dapat menimbulkan kerugian pada jiwa, peralatan produksi, proses produksi dan pencemaran lingkungan kerja. Gedung Program Studi Teknik Industri Universitas Merdeka Malang terdiri dari 2 lantai dan masuk dalam kategori gedung bertingkat serta memiliki risiko terjadinya kebakaran. Di gedung ini belum sama sekali dilengkapi dengan alat keselamatan kebakaran atau alat proteksi kebakaran. Oleh karena itu butuh adanya alat keselamatan kebakaran contoh alat pemadam api ringan (APAR). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan jumlah dan jenis APAR yang dibutuhkan di gedung Program Studi Teknik Industri Universitas Merdeka Malang. Penentuan jumlah dan jenis APAR yang dibutuhkan berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Transmigrasi Nomor PER 04/MEN/1980. Dari hasil perhitungan didapatkan rancangan usulan identifikasi kebutuhan APAR sebanyak 9 APAR dengan berat 6 kg yang dibutuhkan pada Gedung Teknik Industri Universitas Merdeka Malang. Dengan Tipe APAR berbahan Dry Chemical Powder.


Keywords


Kebakaran, Gedung Bertingkat, APAR, Dry Chemical Powder

Full Text:

PDF

References


Angela, T.A. 2006. Studi Kasus : Evaluasi Sistem Penanggulangan Kebakaran PT. Indogravure. Jurnal. Jakarta: FKM Universitas Indonesia.

Feby,dkk. Perancangan Kebutuhan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) pada Gudang Minyak Pelumas di DIPO Lokomotif. Proceeding 2nd Conference on Safety Engineering and Its Application ISSN No. 2581 - 1770 Pragram Studi D4 Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja – PPNS

Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, No. PER 04/MEN/1989 tentang Syarat-syarat Pemasangan dan Pemeliharaan Alat Pemadam Api Ringan, Jakarta, Indonesia.

NFPA (National Fire Protection Association) 10. Standard for portable fire extinguishers; 2002.

Keberlanjutan melalui perusahaan yang kompetitif dan bertanggung jawab (SCORE) (2013). Pedoman Pelatihan Untuk Manajer dan Pekerja Modul 5 : Seri Modul Pelatihan, International Labour Office, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.26905/3000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.