Penjaringan Kriteria dalam Desain Ulang Instrumen Pengukuran Kepuasan Pelayanan Perusahaan Distribusi Minyak Milik Negara

Authors

  • Primahasmi Dalulia University of Merdeka Malang
  • Erwin Pambudi

DOI:

https://doi.org/10.26905/3001

Keywords:

Delphi, Questionnaire, Service

Abstract

Bahan Bakar Minyak berperan bagi sektor industri maupun transportasi. Sebagai distributor BBM area Malang dan sekitarnya, Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Malang harus memiliki strategi dalam melakukan kegiatan pelayanannya terhadap pelanggan (SPBU). Adanya rasa puas dari pelanggan merupakan harapan dari setiap perusahaan guna meningkatkan loyalitas dari pelanggan dan memenuhi harapan yang diinginkan oleh pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain ulang kuesioner kepuasan konsumen yang pernah dilakukan oleh TBBM Malang.  Desain ulang kuesioner kepuasan konsumen dilakukan karena kuesioner terdahulu kurang relevan dengan harapan TBBM Malang. Perlunya kuesioner ini didesain ulang karena dalam kuesioner lama belum mengakomodasi perubahan sistem dan aspirasi konsumen. Kuesioner baru dibuat berdasar dari aspirasi dari konsumen mengenai faktor-faktor apa saja yang menjadi penilaian penting terkait dengan kualitas pelayanan pada TBBM Malang. Dari faktor – faktor tersebut dapat digunakan oleh TBBM Malang untuk melakukan evaluasi kepuasan pelanggan secara berkala. Perbaikan kuesioner ini bertujuan agar pertanyaan – pertanyaan dalam kuesioner lebih efektif untuk mengevaluasi kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan pada TBBM Malang  dengan metode Delphi.. Hasil dari penelitian ini antara lain faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah Mobil tangki, awak mobil tangki, pengiriman BBM dan Pelayanan pada TBBM Malang

Author Biography

Primahasmi Dalulia, University of Merdeka Malang

Industrial Engineering

Engineering Faculty

University of Merdeka Malang

 

References

Lupiyoadi, R , 2014. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengadilan. Jakarta : Salemba empat.

Ciptomulyono, U., 2001. Intregasi Metode Delphi Dan Prosedur Analisis Hierarkhis (AHP) Untuk Identifikasi Dan Penentuan Prioritas Kriteria Objektif/Kriteria Keputusan. Jurnal Pengetahuan Alam Dan Teknologi 12,(1).

Dalulia, Primahasmi dan M.L. Singgih. 2015 Pengembangan Kriteria Pengukuran Performansi. Program Studi MMT-ITS.

Tjiptono, Fandy (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta. Penerbit ANDI.

Downloads

Published

2019-05-15

Issue

Section

Articles