Voice Of Customer Sebagai Sarana Identifikasi Keinginan Customer Souvenir Pernikahan
DOI:
https://doi.org/10.26905/4021Keywords:
Market Research, Souvenir, Survey, VOCAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi kebutuhan pelanggan melalui skema Voice of Customer. Dengan adanya hasil identifikasi kebutuhan pelanggan ini, diharapkan pelaku usaha dapat melakukan forecast yang lebih akurat terhadap permintaan pasar akan souvenir pernikahan. Identifikasi kebutuhan pelanggan dilakukan dengan menggunakan Voice of customer. Voice of customer diidentifikasi dengan melakukan wawancara dengan responden dengan rentang usia 23-30 tahun. Setelah melakukan wawancara dengan responden dengan rentang usia siap menikah, hasil dari wawancara tersebut dipetakan dalam customer statement dan need statement. Dari customer statement dan need statement, dibangun hierarki dimensi kualitas dari produk, yaitu primary, secondary dan dimensi produk. Metode yang digunakan dalam melakukan analisis need statement dan membangun dimensi produk adalah elaborasi hasil wawancara. Variabel yang berpengaruh terhadap keinginan konsumen terhadap desain dari souvenir pernikahan gantungan kunci antara lain performance, conformance, relialbility dan aesthetics.
Downloads
References
Naresh K. Malholtra. (2010). Marketing Research : an Applied Orientation Sixth Edition Pearson Education
Umar, Husein, 2002, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Winardi. Manajemen Pemasaran dan Penjualan, (Bandung: Sinar Baru, 1981), h. 134
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
(1)Â Copyright of the published articles will be transferred to the journal as the publisher of the manuscripts. Therefore, the author confirms that the copyright has been managed by the journal.
(2) Publisher of Journal of Industrial View is Department of Industrial Engineering University of Merdeka Malang.
(3) The copyright follows Creative Commons Attribution–ShareAlike License (CC BY SA): This license allows to Share — copy and redistribute the material in any medium or format, Adapt — remix, transform, and build upon the material, for any purpose, even commercially.