Voice Of Customer Sebagai Sarana Identifikasi Keinginan Customer Souvenir Pernikahan

Authors

  • Fenda Ramadhani University of Merdeka Malang
  • Aldian Hendardi Nugroho Program Studi Teknik Industri,Universitas Merdeka Malang
  • Aang Fajar Passa Putra Program Studi Teknik Industri,Universitas Merdeka Malang

DOI:

https://doi.org/10.26905/4021

Keywords:

Market Research, Souvenir, Survey, VOC

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi kebutuhan pelanggan melalui skema Voice of Customer. Dengan adanya hasil identifikasi kebutuhan pelanggan ini, diharapkan pelaku usaha dapat melakukan forecast yang lebih akurat terhadap permintaan pasar akan souvenir pernikahan. Identifikasi kebutuhan pelanggan dilakukan dengan menggunakan Voice of customer. Voice of customer diidentifikasi dengan melakukan wawancara dengan responden dengan rentang usia 23-30 tahun. Setelah melakukan wawancara dengan responden dengan rentang usia siap menikah, hasil dari wawancara tersebut dipetakan dalam customer statement dan need statement. Dari customer statement dan need statement, dibangun hierarki dimensi kualitas dari  produk, yaitu primary, secondary dan dimensi produk. Metode yang digunakan dalam melakukan analisis need statement dan membangun dimensi produk adalah elaborasi hasil wawancara. Variabel yang berpengaruh terhadap keinginan konsumen terhadap desain dari souvenir pernikahan gantungan kunci antara lain performance, conformance, relialbility dan aesthetics.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Fenda Ramadhani, University of Merdeka Malang

Industrial Engineering

Engineering Faculty

University of Merdeka Malang

References

Naresh K. Malholtra. (2010). Marketing Research : an Applied Orientation Sixth Edition Pearson Education

Umar, Husein, 2002, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Winardi. Manajemen Pemasaran dan Penjualan, (Bandung: Sinar Baru, 1981), h. 134

Published

2019-05-15

Issue

Section

Articles