Produk Kayu Berkualitas?

Dicky Kinza Prisdianto, Ignatius Geral Violi Hutagalung, Samsudin Hariyanto, Digitha Oktaviani Putri

Abstract


Pengendalian kualitas produk kerajinan berbahan dasar kayu perlu dilakukan karena sebagian besar kegiatan produksi nya dilakukan oleh manusia. Dalam proses produksi meskipun dikerjakan melalui mesin namun peran operator tetap diperlukan untuk menjaga proses dilakukan dengan baik. Masih terdapat produk cacat dan waste yang terjadi menjadi indikator diperlukan perbaikan secara kualitas dan pendekatan value stream mapping untuk indentifikasi waste dan perbaikan.  Dari hasil Acceptance Sampling dan Control Chart diketahui bahwa masih terdapat produk cacat dan dari hasil acceptance sampling diketahui bahwa beberapa proses produksi masih memiliki waste yang perlu diperbaiki. Usulan perbaikan yang dapat diberikan kepada produsen adalah perbaikan kualitas harus dilakukan dan menyesuaikan jumlah operator dengan mesin yang tersedia sehingga tidak terjadi kegiatan menunggu yang dapat mempengaruhi lama produksi.


Keywords


Acceptance Sampling; Control Chart; Waste; Quality

References


Gaspersz., Vincent. (2011). Metode Analisis Untuk Peningkatan Kualitas. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Devani, V., & Wahyuni, F. (2016). Pengendalian Kualitas Kertas dengan Menggunakan Statistical Process Control di Paper Machine 3. Jurnal Ilmiah Teknik Industri , Vol. 15 (2), 87-93.

Hidayat, R.,Tama, IP., & Efranto, RY. (2014). Penerapan Lean Manufacturing dengan Metode VSM dan FMEA untuk Mengurangi Waste pada Produk Plywood. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Vol.2 no.5




DOI: https://doi.org/10.26905/4039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Industrial View has been indexing:



Journal of Industrial View has been tools:

Index Copernicus International (ICI)



Journal of Industrial View

A scientific periodical of the Faculty of Engineering, University of Merdeka Malang
 

Mailing Address:

Address: Jl. Taman Agung No. 1, Malang, Indonesia, 65146
Email: jiv@unmer.ac.id