Perancangan Key Performance Indicators sebagai Sistem Penilaian Kinerja Di PT Inti Sawit Subur
DOI:
https://doi.org/10.26905/4826Keywords:
Balanced Scorecard, Key Performance Indicators, PerformanceAbstract
Perkembangan dunia industri yang pesat mendorong perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya agar dapat bertahan dan berkembang. Sistem penilaian kinerja merupakan alat untuk melakukan evaluasi internal dan penilaian strategis. PT. Inti Isawit Subur mengukur kinerja perusahaannya hanya berdasarkan aspek keuangan saja sehingga tidak menggambarkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Metode yang akan digunakan dalam merancang sistem penilaian kinerja di PT Inti Isawit Subur adalah Balanced Scorecard, karena metode ini menetapkan kriteria yang diukur menjadi empat perspektif yaitu Keuangan, Pelanggan, Proses Internal, dan Pembelajaran dan Pertumbuhan. Hasil perancangan sistem penilaian kinerja diperoleh 11 Key Performance Indicators kinerja utama. Perspektif keuangan terdiri dari 2 indikator, perspektif pelanggan terdiri dari 3 indikator, perspektif proses internal terdiri dari 3 indikator, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan terdiri dari 3 indikator. Untuk melihat keterkaitan masing-masing perspektif, perusahaan dapat melihat peta strategi yang dapat memberikan gambaran untuk meningkatkan laba perusahaan.
References
Sayed, N. (2013). Ratify, reject or revise: balanced scorecard and universities. International Journal of Educational Management. Vol. 27 No. 3, pp. 203-220.
Arijanto, S., dan Harsono. A. R. (2010). Pengukuran Kinerja Fakultas Di Perguruan Tinggi “X†Menggunakan Pendekatan Macom Baldrige Criteria For Performance Excellence (Education Criteria). Proceeding Seminar Nasional IV Manajemen dan Rekayasa Kualittas. Institut Teknologi Nasional. Bandung.
Kaplan, R., and Norton, D. (2001). Transforming the Balanced Scorecard from Performance Measurement to Strategic Management: Part I. Accounting Horizons. Vol. 15 No.1. pp. 87-104.
Zeglat, D., Alrawabdeh, W., Almadi, F., dan Shrafat, F. (2012). Performance Measurements Systems: Stages of Development Leading to Success. Interdiciplinary Journal of Contemporary Research in Business. Vol. 4 No. 7. The Hashemite University. Jordan.
David, R., dan E, J. J. (2014). Study On Performance Measurement Systems – Measures and Metrics. International Jurnal of Scientific and Research Publications. Vol. 4, Issue 9. SCMS School of Engineering and Technology. India.
Neely, A., Bourne, M., dan Kennerley, M. (2000). Performance Measurement System Design: Developing and Testing a Process-Based Approach. International Journal of Operations & Productions Management. Vol. 20 No. 10, pp. 1119-1145. University Press.
Wibisono, D. (2006). Manajemen kinerja: Konsep, Desain, dan Teknik Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Erlangga: Jakarta.
Kaplan, R., and Norton, D. (1992). The Balanced Scorecard: Measures That Drive Performance. Harvard Business Review. Vol. 70 No. 1, pp. 71-9.
Al-Hosaini, F. F., dan Sofian, S. (2015). A Review of Balanced Scorecard Framework in Higher Education Institution. International Review of Management and Marketing. Vol. 5 No.1, pp. 23-35.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
(1)Â Copyright of the published articles will be transferred to the journal as the publisher of the manuscripts. Therefore, the author confirms that the copyright has been managed by the journal.
(2) Publisher of Journal of Industrial View is Department of Industrial Engineering University of Merdeka Malang.
(3) The copyright follows Creative Commons Attribution–ShareAlike License (CC BY SA): This license allows to Share — copy and redistribute the material in any medium or format, Adapt — remix, transform, and build upon the material, for any purpose, even commercially.