Analisis Bullwhip Efect pada Kegiatan Supply Chain Perishable Product

Authors

  • Primahasmi Dalulia Department of Industrial Engineering University of Merdeka Malang
  • Lintang Pramesta Hartana Department of Industrial Engineering University of Merdeka Malang

DOI:

https://doi.org/10.26905/jiv.v3i2.6677

Keywords:

bullwhip effect, distributor, supplier, perishable product, retail

Abstract

UD. Sayur Mayur merupakan perusahaan distributor sayur-mayur, buah-buahan dan bahan baku makanan lainnya yang melakukan pemesanan produk kepada pemasok lalu didistribusikan ke setiap retail, dimana tujuan distribusi yang memasok bahan baku makanan dari UD. Sayur Mayur berada di wilayah Malang Raya, Yogyakarta dan Jawa Tengah. Dalam memenuhi permintaan retailer, perusahaan melebihkan jumlah pesanan kepada pemasok sebesar 9% hingga 40% terganting jenis produk untuk mengantisipasi adanya cacat/rusak karena produk bersifat perishable atau tidak tahan lama. Pertimbangan melebihkan pesanan tersebut ternyata berdampak pada timbulnya bullwhip effect atau peningkatan variabilitas permintaan. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai bullwhip effect di tingkat distributor, tingkat retailer dan tingkat retailer kategori produk, sehingga nilai bullwhip effect merupakan dasar penentuan rekomendasi perbaikan untuk mengatasi permasalahan bullwhip effect pada perusahaan. Berdasarkan hasil perhitungan, dapat diketahui bahwa terjadi bullwhip effect sebesar 81.3% di tingkat distributor, 80% di tingkat retailer, dan 66.7% di tingkat retailer kategori produk. Produk maupun kategori yang mengalami bullwhip effect dimana nilai BE lebih besar dari parameternya dipengaruhi oleh adanya selisih yang cukup signifikan antara demand dan order, sedangkan produk maupun kategori yang berada di posisi stabil dipengaruhi oleh selisih antara demand dan order yang tidak signifikan sehingga nilai BE tidak melebihi parameternya.

Author Biographies

Primahasmi Dalulia, Department of Industrial Engineering University of Merdeka Malang

Jurusan Teknik Industri

Universitas Merdeka Malang

Lintang Pramesta Hartana, Department of Industrial Engineering University of Merdeka Malang

Department of Industrial Engineering
University of Merdeka Malang

References

Febriyanto, Indra Dwi. 2018. Analisis Bullwhip Effect Pada Perencanaan Kebutuhan Material Belt Conveyor. Surabaya: WAHANA, Vol 70. No 1

Fikriya, Dini Maulida. 2017. Analisis Bullwhip Effect Distributor dan Retailer Pada Produk Sayuran Non Organik di CV. Rodeo Fresh. Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya

Fransoo, Jan C. & Wouters, Marc J.F. 2000. Measuring the Bullwhip Effect in the Supply Chain. Tilburg University: An International Journal, Vol 5 No 2. 78-89

Latuny, W. & M. S. Picauly, Wisnu. 2019. Analisis Bullwhip Effect Dengan Menggunakan Metode Peramalan Pada Supply Chain di Distributor PT. Semen Tonasa (Studi Kasus: Distributor PT. Semen Tonasa). Ambon: ARIKA, Vol. 13, No. 2

Pujawan, I Nyoman & Er, Mahendrawati. 2017. Supply Chain Management Edisi 3. Surabaya: ANDI Yogyakarta

Downloads

Published

2021-12-07