Analisis Perencanaan Persediaan Bahan Baku dengan Metode Material Requirement Planning di UD. Karya Logam Steel

Ilham Mahendra Damayoki, Asmungi Asmungi

Abstract


UD. Karya Logam Steel merupakan perusahaan dibidang pembuatan mesin perajang singkong, perajang bawang dan perajang srawut. Berdasarkan informasi data permintaan yang naik turun menyebabkan perusahaan hanya mengira-ngira dalam melakukan jumlah pembelian untuk persediaan bahan baku, karena perusahaan belum menerapkan perencanaan bahan baku untuk proses produksi selanjutnya, akibatnya sering terjadi kekurangan bahan baku yang bisa menghambat proses produksi. Selain itu bahan baku yang berlebihan juga menjadi pemborosan biaya modal dalam bentuk bahan baku yang belum diproduksi. Dengan begitu, diperlukan perencanaan dan pengendalian persediaan bahan baku secara akurat agar biaya persediaan bisa ditekan seminimal mungkin dan proses produksi bisa berjalan dengan lancar. Dalam penelitian ini, metode peramalan yang digunakan yaitu Metode Naif, Exponential Smoothing, dan Moving Average. Didapatkan nilai error terendah pada metode Exponential Smoothing, pada perajang singkong nilai error rata rata MAD sebesar 7,824, untuk perajang bawang nilai error MAD sebesar 6,981 dan untuk perajang srawut nilai error MAD sebesar 5,94. Teknik lot sizing yang digunakan pada sistem Material Requirement Planning (MRP) yaitu LFL (Lot For Lot),  POQ (Period Order Quantity) dan FPR (Fixed Period Requirement). Metode LFL yang dipilih dikarenakan total biaya yang dihasilkan paling minimum.


Full Text:

PDF

References


D. Purnama dan F. Pulansari, “Perencanaan dan Pengendalian bahan baku produksi krupuk dengan metode MRP untuk meminimumkan biaya persediaan bahan baku di UD.XYZ,” Jurnal managemen industri dan teknologi, 2020.

A. Eunike dan dkk, Perencanaan Produksi dan Pengendalian Persediaan, Malang: UB Press, 2021.

I. Penindra, I. Muku dan H. Santosa, “Penerapan Material Requirement Planning dalam Pengendalian Persediaan Bahan Baku Carded Fiber Pada PT. Hilon Indonesia,” JISI : Jurnal Integrasi Sistem, 2015.

A. Rasbina, S. Sinulingga dan I. Siregar, “PERENCANAAN JADWAL INDUK PRODUKSI PADA PT. XYZ,” e-Jurnal Teknik Industri FT USU Vol 2, 2013.

R.P.Hindarto, P.Dalulia, "Perencanaan Kebutuhan Material untuk Produk Disposable Protective Mask Selama Masa Pandemi Covid-19 di Kota Malang", Journal of Industrial View, vol.03, no.01,p.35-42, 2021.

K. Huda, “Analisis Perencanaan Inventory Bahan Baku Guna Memenuhi Permintaan Konsumen,” 2021.

M. Lizamza, “Analisis Perencanaan Persediaan Bahan Baku Batu Bata Dengan Metode Material Requirement Planning (MRP),” 2019.

S. N. Bahagia, Sistem Inventori, Bandung: ITB PRESS, 2014.

I. R. Ummiroh, “Analisis Penerapan Material Requirement Planing (MRP) Pada Pennyelow Furniture,” e-Jurnal FE Universitas Jember, 2013.

Santoso dan R. M Heryanto, Perencanaan dan Pengendalian Produksi 1, Bandung: Alfabeta, 2017.

J. Heizer dan B. Render, Manajemen Operasi, Jakarta: Salemba Empat, 2009.




DOI: https://doi.org/10.26905/jiv.v4i2.7995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Industrial View has been indexing:

SINTA - Science and Technology Index


Journal of Industrial View has been tools:

Index Copernicus International (ICI)



Journal of Industrial View

A scientific periodical of the Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, University of Merdeka Malang
 

Mailing Address:

Address: Jl. Taman Agung No. 1, Malang, Indonesia, 65146
Email: jiv@unmer.ac.id

 


View My Stats