Analisis HIRARC pada Pekerjaan Boiler di Unit Utilities PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) VI Balongan

Endra Yuafanedi Arifianto, Ahmad Safii, Syarip Hidayat

Abstract


Boiler merupakan perangkat untuk menghasilkan uap.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi risiko kecelakaan kerja pada proses pengoperasian boiler di PT. Kilang Pertamina Indonesia (KPI) RU VI Balongan. Penelitian ini termasuk penelitian observasional. Penelitian menghasilkan informasi yaitu boiler pada  PT KPI RU VI Balongan berjumlah 19 unit dengan rincian 4 unit pada utilities I, 6 unit pada utilities II/IIA, 4 unit pada utilities RFCC, dan 5 unit Waste Heat Boiler. Hasil setelah melakukan identifikasi bahaya didapatkan 15 potensi bahaya pada 8 aktivitas pengoperasian boiler di PT KPI RU VI Balongan. Temuan bahaya di pengoperasian boiler adalah suhu ekstrim, terdapat step firing yang terlewat, tekanan tinggi, kebisingan, pipa uap air panas, aris listrik, terjepit, percikan api, terkena Trisodium phosphate atau disodium hydrogen phosphate,  terkena Morpholine. Terkena Hydrazine, terkena  caustic soda (NaOH), bocoran uap air, terbentur, dan terjatuh dari ketinggian. Dari 15 potensi bahaya terdapat 23 risiko dengan 4 risiko tinggi, 4 risiko moderat ke tinggi, 13 risiko moderat, dan  2 risiko rendah ke moderat. Setelah dilakukan pengendalian risiko risiko untuk pengoperasian boiler menjadi  3 risiko moderat ke tinggi, 6 risiko moderat, 12 risiko rendah ke moderat dan 2 risiko rendah.


Keywords


boiler, kecelakaan kerja, identifikasi bahaya

Full Text:

PDF

References


Astuti, O. S. (2011). Pengaruh Kesehatan dan Keselamatan Kerja Terhadap Produktifitas Kerja Karyawan Bagian Produksi PT. Indmira Citra Tani Nusantara di Yogyakarta. E-Jurnal Manajemen Unud , Vol. 5.

OHSAS 18001:2007. Occupational Health and Safety Management System Requirements.

Purnama, D.S. 2015. Analisa Penerapan Metode HIRARC (Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control) dan HAZOPS (Hazard and Operability Study) dalam Kegiatan Identifikasi Potensi Bahaya dan Risiko Pada Proses Unloading Unit di PT. Toyota Astra Motor. Jurnal Pasti. Vol. 9. No. (3). pp. 311-319.

Ramli, Soehatman. 2010. Pedoman Praktis Manajemen Risiko dalam Persepektif K3 OHS Risk Management, Seri Manajemen K3 002. Dian Rakyat. Jakarta.

Ramli, Soehatman. 2010. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja OHSAS 18001, Seri Manajemen K3 001. Dian Rakyat. Jakarta

Wijaya, A., Panjaitan, W.S. & Palit, H.C. 2015. Evaluasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja dengan Metode HIRARC pada PT. Charoen Pokphand Indonesia. Jurnal Tirta. Vol. 3. No. (1). pp. 29-34

Mohammed A. Malek 2004 “Power Boiler Design Inspection and Repair”. New York: Mc Graw-Hill Professional.

Veasey, D., Lisa C., Barbara M. 2002. Confined Space Entry and Emergency Response. United States of America: The McGraw-Hill Compenies, Inc.

Radiyan, M. 2014. Risk Assessment and Risk Management pada Pengoperasian Pesawat Uap di PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Unit Gedangan. Tugas Akhir. Surabaya: Universitas Airlangga.

Radiyan, M. 2014. Risk Assessment and Risk Management pada Pengoperasian Pesawat Uap di PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Unit Gedangan. Tugas Akhir. Surabaya: Universitas Airlangga.

Kristiyaningsih dan Musyafah. 2013 Analisis Safety System dan Manajemen Risiko pada Steam Boiler PLTU di Unit 5 Pembangkitan Paiton, PT. YTL. Jurnal Teknik Pomits. Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Fatoni, R. 2013. Rekomendasi Standar Sistem Keselamatan untuk Steam Boiler di Pabrik Tahu. Simposium Nasional Teknologi Terapan(SNTT), ISSN 2339-028X.

Eliza dan Sho’im Hidayat. 2016 Risk Assessment Kecelakaan Kerja Pada Pengoperasian Boiler Di Pt. Indonesia Power Unit Pembangkitan Semarang. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health. Surabaya. Universitas Airlangga

Manulang, Sendjun H. 2001. Pokok-Pokok Hukum Ketenagakerjaan Indonesia. Jakarta: PT Asdi Mahasatya Mertokusumo,

Mathis, Robert L. dan John H. Jackson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama Salemba Empat, Jakarta

A Anwar Prabu Mangkunegara. (2009) Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Amirullah




DOI: https://doi.org/10.26905/jiv.v5i1.9349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Industrial View has been indexing:

SINTA - Science and Technology Index


Journal of Industrial View has been tools:

Index Copernicus International (ICI)



Journal of Industrial View

A scientific periodical of the Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, University of Merdeka Malang
 

Mailing Address:

Address: Jl. Taman Agung No. 1, Malang, Indonesia, 65146
Email: jiv@unmer.ac.id

 


View My Stats