Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Perimbangan Terhadap Kemandirian Keuangan Daerah di Kabupaten Sidoarjao

Mohammad Wasil, Nika Syahdila Putri, Ayu Larasati, Nurliana Mufida

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) danDana Perimbangan dalam kemandirian daerah di Kabupaten Sidoarjo pada tahun 2010-2018.Metode penelitian menggunakan study pustaka dengan data time series dari tahun 2010-2018yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS). Sedangkan alat analisis yang digunakan yaituregresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pendapatan Asli Daerahberpengaruh positif dan signifikan terhadap Kemandirian Keuangan Daerah, Dana Perimbanganberpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kemandirian Keuangan Daerah, Pendapatan AsliDaerah dan Dana Perimbangan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap KemandirianKeuangan Daerah.

Keywords


Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan, Kemandirian Keuangan Daerah.

Full Text:

PDF

References


Bambang, Kurniawan. (2009). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan dan Belanja Rutin Terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah. Jurnal. Jember: Universitas Jember.

R. Neneng Rina Andriani dan Nisa Noor Wahid, 2018, Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (Pad) Dan Dana Perimbangan Terhadap Kemandirian Daerah (Studi Kasus Pemerintah Kota Tasikmalaya Tahun 2006-2015), Jurnal Akuntasi Vol. 13 (1).

Reza, Marizka. (2013). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus Terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah. Jurnal. Padang: Universitas Negeri Padang.




DOI: https://doi.org/10.26905/jrei.v1i2.5441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Regional Economics Indonesia has been indexing:



Journal of Regional Economics Indonesia has been tools:






Journal of Regional Economics Indonesia

Faculty of Economics & Business, University of Merdeka Malang

MAILING ADDRESS
Terusan Dieng Street 62-64, Sukun, Malang City, East Java, 65146, Indonesia
Phone: 081331350416
Email: jrei@unmer.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.