Penguatan Daya Saing UMKM Melalui Model Pemberdayaan Berbasis Sistem Pengendalian Internal

Mersiana Varia Juita

Abstract


Salah satu problem mendasar bagi penguatan daya saing UMKM terletak pada masih relatif tingginya biaya aksesibilitas. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan efisiensi sistem pembelian (aksesibilitas) bahan baku pada pelaku UMKM. Tujuan tersebut sangat penting untuk mengevaluasi apakah sistem pengendalian internal pada aksesibilitas bahan baku UMKM telah berjalan dengan optimal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penelitian dengan pendekatan kualitatif menitikberatkan pada pemahaman, pemikiran, atau konsep berpikir dari peneliti untuk mengetahui makna dari suatu peristiwa atau kejadian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal dari sistem aksesibilitas pembelian bahan baku pada UMKM masih belum komprehensif. Hal ini dikarenakan adanya disfungsi pengelolaan sistem keuangan perusahaan, oleh sebab itu, diperlukan beberapa perbaikan. Pertama, melalui penguatan tata kelola keuangan dengan memperhatikan struktur biaya perusahaan. Kedua, pentingnya mengoptimalkan fungsi distribusi kewenangan pada masing-masing bagian perusahaan. Perbaikan ini diharapkan dapat mengoptimalkan sistem aksesibilitas bahan baku UMKM yang selama ini mempunyai peranan penting, namun seringkali dilupakan dalam setiap program pemberdayaan UMKM. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya memperhatikan sistem pengendalian internal sebagai bagian integral bagi program pemberdayaan yang berorientasi pada penguatan daya saing UMKM.

Keywords


Raw Material Accessibility System, Internal Control System, SMEs Competitiveness

Full Text:

PDF

References


Apriyandhani, Gita. 2012. Sistem Pengendalian Internal Pada Pengelolaan Persediaan Di Toko Tambang Jilbab Malang, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang.

Aviana, Putu Mega S. 2012. Penerapan Pengendalian Internal Dalam Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Komputer, JIMA, No. 4, Juli, Hal. 65-70.

Bodnar, George H. dan William S. Hopwood. 2014. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Ke Sembilan. Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Boynton, William C., Raymond N. Johnson, dan Walter G. Kell. 2015.

Modern Auditing. Edisi Ke Tujuh. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Krismiaji. 2010. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Ke Tiga. Penerbit UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Mulyadi. 2015. Sistem Akuntansi. Edisi Ke Tiga. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Pratama, Gandhi Putra. 2011. Penerapan Pengendalian Internal Dalam Usaha Kecil Menengah Pada UD. Prima Tani Situbondo, Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UPN “Veteran” Jawa Timur, Surabaya.

Resmi, I Nyoman. 2011. Strategi Meningkatkan Kualitas Produk Untuk Menang Dalam Kompetisi. WIDYATECH. Jurnal Sains dan Teknologi Vol. 10 No. 3 April.

Qomariah, Nurul. 2010. Evaluasi Struktur Pengendalian Intern Sistem Pembelian Bahan Baku Pada PT. Petrokimia Gresik, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Airlangga, Surabaya.

Romney, Marshall B. dan Paul John Steinbart. 2014. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Ke Sembilan. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Tuerah, Serny. 2013. Evaluasi Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Dan Pengeluaran Kas Pada UD. Roda Mas Manado, Jurnal EMBA, No. 3, September, Hal. 225-232.

Warren, Carl S, James M. Reeve dan Philip E. Fess. 2015. Pengantar Akuntansi. Edisi Ke Dua Puluh Satu. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.26905/jrei.v2i2.7218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Regional Economics Indonesia has been indexing:



Journal of Regional Economics Indonesia has been tools:






Journal of Regional Economics Indonesia

Faculty of Economics & Business, University of Merdeka Malang

MAILING ADDRESS
Terusan Dieng Street 62-64, Sukun, Malang City, East Java, 65146, Indonesia
Phone: 081331350416
Email: jrei@unmer.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.