Dampak Pembangunan Pariwisata terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah (Studi Pembangunan Pariwisata di Kabupaten Jombang)

Authors

  • Lucas Magalhaes

DOI:

https://doi.org/10.26905/jrei.v3i2.8899

Abstract

Pariwisata saat ini menjadi salah satu sektor prioritas nasional karena terbukti mempunyai efek pengganda yang tinggi dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi. Kabupaten Jombang adalah salah satu daerah yang berkomitmen untuk terus mendorong kinerja sektor pariwisata sebagai salah satu motor penggerak dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Berdasarkan alasan tersebut, maka penelitian in bertujuan untuk mengukur dan menilai dampak pembangunan pariwisata Kabupaten Jombang terhadap pertumbuhan ekonomi daerah. Untuk mengukurnya, metode yang dipakai adalah statistik deskriptif dengan analisis Ordinary Least Square (OLS), dimana pertumbuhan ekonomi (PDRB) sebagai variabel dependen dan variabel independennya adalah 8 (delapan) variabel pembentuk pariwisata, yaitu: (i) jumlah objek wisata; (ii) jumlah wisatawan; (iii) jumlah investasi pariwisata; (iv) jumlah tenaga kerja bidang pariwisata; (v) pengeluaran per kapita; (vi) jumlah hotel (akomodasi); (vii) jumlah restoran (jasa makanan minuman); dan (viii) jumlah jasa perjalanan wisata. Hampir semuanya mempunyai pengaruh positif signifikan, kecuali pada variabel jumlah objek wisata dan investasi pariwisata. Hasil ini dapat menjadi rujukan untuk memprioritaskan variabel penentu pembangunan pariwisata di daerah.

References

Antonakakis, N., Dragouni, M., & Filis, G. 2014. How strong is the linkage

between tourism and economic growth in Europe? Economic

Modelling, Vol. 44, pp. 142–155.

Arslanturk, Y., Balcilar, M., & Ozdemir, Z. A. 2011. Time-varying linkages

between tourism receipts and economic growth in a small open

economy. Economic Modelling, Vol. 28, No. 2, pp. 664–671.

Assaf, A. G., & Tsionas, M. 2018. The estimation and decomposition of

tourism productivity. Tourism Management, Vol. 65, pp. 131–142.

Bilen, M., Yilanci, V., & Eryüzlü, H. 2017. Tourism development and

economic growth: A panel Granger causality analysis in the

frequency domain. Current Issues in Tourism, Vol. 20, No. 1, pp. 27–

Castro, M., Jose A. M, & María P. P. 2013. Tourism and GDP: a metaanalysis of panel data studies. Journal of Travel Research, Vol. 52, No.

, pp. 745-58.

Dritsakis, N. 2012. Tourism development and economic growth in seven

mediterranean countries: a panel data approach. Tourism Economics,

Vol. 18, No. 4, pp. 801-16.

Gabriel Brida, J., Lanzilotta, B., Lionetti, S., & Adrian Risso, W. 2010. The

tourism-led-growth hypothesis for Uruguay. Tourism Economics,

Vol. 16, No. 3, pp. 765–771.

Gautam, B. P. 2011. Tourism and economic growth in Nepal. NRB

Economic Review, Vol. 23, No. 2, pp. 18–30.

Giannopoulos, K., & Boutsinas, B. 2016. Tourism satellite account supportusing online analytical processing. Journal of Travel Research, Vol. 55,

No. 1, pp. 95–112.

Harasarn, A., & Chancharat, S. 2014. International tourism and economic

growth in thailand cointegration and the granger causality. Journal of

Environmental Management and Tourism, Vol. 5, No. 2, pp. 237–248.

Havranek, T., Horvath, R., Irsova, Z., & Rusnak, M. 2015. Cross-country

heterogeneity in intertemporal substitution. Journal of International

Economics, Vol. 96, No. 1, pp. 100–118.

Jalil, A., Mahmood, T., & Idrees, M. 2013. Tourism-growth nexus in

Pakistan: Evidence from ARDL bounds tests. Economic Modelling,

Vol. 35, pp. 185–191.

Jones, C., & Li, S. 2015. The economic importance of meetings and

conferences: A satellite account approach. Annals of Tourism Research,

Vol. 52, pp. 117–133.

Lee, C.C. & Chang, C.P. 2008. Tourism development and economic

growth: A closer look at panels. Tourism Management, Vol. 29, pp.

-192.

Lew, A. A. 2011. Tourism's role in the global economy. Tourism

Geographies, Vol. 13, No. 1, pp. 148-151.

Lew, A.A. & Ng, P.T. 2012. Using quantile regression to understand visitor

spending. Journal of Travel Research, Vol. 51, No. 3, pp. 278-288

Downloads

Published

2023-01-16