PENGEMBANGAN DUSUN BARAN, TLOGOWARU, KEDUNGKANDANG SEBAGAI KAMPUNG WISATA TOPENG DI KOTA MALANG

A.Tutut Subadyo

Abstract


Kota Malang sebagai tujuan wisata memiliki sejumlah kampung wisata, salah satunya adalah kampung wisata Topeng, di Dusun Baran, Kelurahan Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang. Kampung tersebut merupakan salah satu penerapan program Desaku Menanti dari Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial, Kementerian Sosial Republik Indonesia untuk merehabilitasi anak jalanan, gelandangan, dan pengemis. Program ini dimulai pada bulan November 2016, dimana Kemensos telah memberikan bantuan dana untuk pembangunan 40 rumah. Kampung seluas  5000 m2 dikembangkan bersama komunitas masyarakat seperti Malang Struddle, Amazing Malang, Lingkar Malang dan lain-lain. Pembangunan rumah dan fasilitas lainnya melalui swadaya dan secara gotong royong oleh warga kampung ini. Dalam mendukung terwujudnya rencana kampung  wisata  budaya  topeng malangan yang prospektif, perlu  mendapatkan bantuan  pendampingan dan kemitraan dalam pengembangannya melalui desain spatial arsitektural dengan pendekatan participatory approach. Keunikan dan kekayaan budaya yang ada di kampung topeng tersebut dikembangkan dan dilestarikan melalui strategi  wisata  budaya.  Pengembangan dan strategi  pembangunannya difokuskan pada aspek fisik arsitektural  berbasis budaya sehingga kultur topeng malangan yang ada di kampung tersebut dapat lestari dan berkelanjutan. Hasil desain pengembangan dengan sejumlah fasilitas-fasilitas tambahan dan pendukung eksistensi kampung topeng ini dapat dijadikan role model untuk kampung-kampung tematik berbasis budaya yang diproyeksikan menjadi destinasi wisata.


Keywords


barakan, kampung, topeng, wisata budaya

References


Chiara JD, Kopplemen LE. 1994. Standar Perencanaan Tapak. Penerjemah: Januar Hakim. Jakarta (ID): Penerbit Erlangga. Terjemahan dari: Site Planning Standars.

Nurisjah S, Pramukanto Q, Siswantinah W. 2003. Daya Dukung Dalam Perencanaan Tapak. Bogor (ID) : Arsitektur Lanskap, FP IPB.

Subadyo, AT. 2011. Lanskap Spatial Arsitektural Desa Pakraman. Unmer Press.

Subadyo, AT. 2017. Pengelolaan Dampak Pembangunan Rumah Potong Hewan Ruminansia di Kota Batu. Jurnal Abdimas. Pengabdian Masyarakat, Universitas Merdeka Malang. Volume 2, Nomor 1, Desember 2017.

Wulandari RK. 2002. Perencanaan Lanskap Wisata Budaya Kampung Sade, di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat [Tesis]. Bogor (ID): PPS IPB Bogor.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.