IbM KELOMPOK PETERNAK SAPI PERAH DI DESA KEMIRI KECAMATAN JABUNG KABUPATEN MALANG

Aju Tjatur Nugroho Krisnaningsih, Wiji Setiyaningsih

Abstract


Program pengabdian masyarakat pada kelompok peternak sapi perah di desa Kemiri Kecamatan Jabung Kabupaten Malang ini bertujuan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi dengan melakukan upaya yaitu: a) Alih teknologi pembuatan produk pakan ternak melalui teknik fermentasi (silase) untuk menyediakan pakan hijauan yang berkualitas secara kontinyu terutama di musim kemarau dengan biaya yang murah, b) Alih teknologi pengolahan pakan fermentasi berbasis potensi lokal, sehingga dapat disubtitusikan sebagai pakan ternak untuk menghemat biaya pakan terutama konsentrat, peternak dapat mengurangi pengeluaran untuk biaya pakan ternak dari biaya semula untuk pemeliharaan 3 ekor sapi sebesar Rp.118.950,-/hari menjadi  Rp.51.450,-/hari, sehingga ada tambahan pendapatan untuk peternak, c) Alih teknologi pengolahan susu sehingga keluarga peternak dapat menghasilkan produk susu yang memiliki nilai tambah harga jual dan nilai ekonomi susu selain menjual susu segar (diversifikasi).

Target program kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah 1) meningkatkan pemahaman dan ketrampilan peternak dalam pemanfaatan teknologi pengolahan bahan pakan ternak dan teknologi pengolahan susu, 2) Kelompok peternak dapat mengadopsi pembuatan produk pakan ternak dan olahan susu secara mandiri, 3) Dapat meningkatkan kualitas produk pakan, produksi susu sehingga bermanfaat untuk peningkatan pendapatan mitra. Metode kegiatan yang digunakan adalah diskusi/penyadaran melalui tanya jawab terkait masalah di lapang dan solusinya, pelatihan, demoplot teknik pembuatan produk pakan dan olahan hasil ternak yang berkualitas  dan bernilai ekonomi serta pendampingan dan evaluasi untuk memberi solusi atas kendala adopsi teknologi di lapang. Didalam pelaksanaan program melibatkan mahasiswa untuk membantu sosialisasi dan introduksi teknologi. Peran aktif mitra pada kegiatan pengabdian masyarakat sangat menunjang keberhasilan program, dalam hal ini diwujudkan dengan kontribusi penyediaan tempat dan perlengkapannya untuk kegiatan, pengadaan ternak dan kandang untuk proses alih teknologi dan berpartisipasi untuk terlibat langsung dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh tim pengabdi sesuai jadwal yang ditentukan dengan respon interaksi positif dan antusiasme.

Program IbM ini mendapatkan respon yang baik dari mitra kelompok peternak sapi perah serta meningkatkan motivasi peternak untuk  mengaplikasikan teknologi fermentasi silase dan olahan susu pada kegiatan usaha peternakan mereka yang sebelumnya tidak dilakukan pemanfaatan dan pemeliharaan secara optimal.


Keywords


teknologi pakan ternak, olahan susu, sapi perah

References


Baba, S., A, Muktiani., A, Ako, & M. I. A, Dagong. 2008. Keragaman dan Kebutuhan Teknologi Pakan Peternak Sapi Perah di Kabupaten Enrekang. Jurnal Media Peternakan. Agustus 2011, hlm. 146-154. EISSN 2087-4634. http://medpet.journal.ipb.ac.id/. DOI: 10.5398/medpet.2011.34.2.146

Hardianto. R, 2000, Teknologi Complete Feed Sebagai Alternatif Pakan Ternak Ruminansia. Makalah BPTP Jawa Timur. Malang.

Legowo.A, Kusrahayu dan Mulyani,S. 2009. Ilmu dan Teknologi Susu. Penerbit Universitas Diponegoro

Sandi, S., E. B. Laconi, A. Sudarman, K. G. Wiryawan, & D. Mangundjaja. 2010. Kualitas nutrisi silase berbahan baku singkong yang diberi enzim cairan rumen dan Leuconostoc mesenteroides. Jurnal Media Peternakan. 33: 25-30., Agustus 2011, hlm. 146-154 EISSN 2087-4634


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.