Kearifan Lokal Masyarakat Permukiman Sawojajar Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang

Bhaga Aninditatama

Abstract


Sawojajar merupakan permukiman warga yang luas, permukiman ini terletak di kotamalang, tepatnya di kecamatan kedungkandang bersebelahan dengan kecamatan kelojendan di batasi oleh kabupaten malang. Permukiman yang berada di sebelah timur kotamalang merupakan pernukiman padat penduduk yang paling besar dii malang,mengakibatkan beberapa aspek-aspek sosial-ekonomi yang berdampak pada lingkungansekitar permukiman, hal ini terjadi di karenakan semakin banyaknya kebutuhan manusiayang setiap tahunnya selalu bertambah dan bervariatif, karena pertumbuhan pendudukinilah sawojajar pada tahun 2010 beralihfungsi lahan menjadi kawasan pertokoan, halinilah yang menjadi daya tarik kuat mengapa permukiman ini sangat menarik untukdikaji kearifan lokalnya, metode yang digunakan adalah pengamatan lebh lanjut di areatersebut dan mencari keunikan kawasan ini digali dari aspek fisik dan non-fisiknyaserja mengagaskan perubahan tersebut dan memperoleh kearifan lokal yang terdapat dipermukiman sawojajar.

 

DOI: https://doi.org/10.26905/lw.v9i2.2702


Keywords


Malang, Kearifan Lokalitas, Arsitektur Indonesia, Kearifan Arsitektur, Sawojajar

References


Antariksa, 2005 jurnalurnal Sains dan Teknologi EMAS, Fakultas Teknik UniversitasKristen Indonesia, Vol. 15, No. 1, Februari2005.hlm. 64-78.ISSN: 0853- 9723

Abdul Hakim dan Endah Setyowati, 2005. Perubahan Kelembagaan Pemerintahan Desa dan Tantangannnya Terhadap Pengembangan Sumberdaya Aparatur Desa. Malang. Jurnal Administrasi Publik. Vol. V1/No. 1.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by

width="150" crossref
width=150;



Index Copernicus International (ICI)

In collaboration with

Image result for iplbi



Local Wisdom Scientific Online Journal (LWSOJ)

Center for Local Wisdom Studies of University of Merdeka Malang
(Pusat Studi Kearifan Lokal Universitas Merdeka Malang)
Department of Architecture

Mailing Address:

Address: Jl. Puncak Jaya No. 36, Malang, Indonesia, 65146
Email: lwsoj17@gmail.com

Creative Commons License