Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating

Ida Nuryana, Elisabet Bhebhe

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of corporate social responsibility disclosure on firm value with profitability as a moderating variable. The sample used in the study was 90 observations from the basic industrial and chemical manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2015-2017. The data in the study came from the secondary data obtained through technical documentation. The data of this study was to qualify the classical assumption and moderated regression analysis (MRA) test requirements. the results of the analysis show that the corporate social responsibility disclosure does not affect the company value and profitability can moderate the relationship between corporate social responsibility disclosure and company value.

 

DOI: https://doi.org/10.26905/afr.v2i2.3261


Keywords


disclosure of CSR, profitability, company value

Full Text:

PDF

References


Agung, Anak Ayu Mutya Armika. (2018). Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 22 (1): 80-107.

Effendi. (2016). The Good Corporate Governance Teo-ry Dan Implementasi, Edisi 2. Jakarta; Salemba Empat.

Elia, Putu Meilinda Murnita. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Vraiabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 23 (2). : 1470-1496.

Frandy. (2017). Analisis Pengaruh Corporate So-cial Responsibility terhadap Nilai Perus-ahaan dengan Profitabilitas, Kepemilikan Manajemen, dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012 - 2016). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi.

Gama, W.S.A., dan Ni Putu Yeni Astiti, Y.P.N., (2019). Pengaruh Corporate Social Respon-sibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014–2016). Forum Manajemen. 17 (2)

Hidayah, E. (2008). Pengaruh Kulitas Pengungkapan Informasi Terhadap Hubungan Antara Penerapan Corporate Governance Dengan Kinerja Di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Akun-tansi dan Auditing Indo-nesia. 12 (1).

Irwansyah, Lestari, Y., Kusumawardani, A. And Erdiyanti, J. (2017). Corporate Social Re-sponsibility Disclosure, Leverage, and Firm Value: The Moderating Role Of Profitability. Advances in Economics, Business and Management Research (AEBMR). 35.

Kusuma, W.A. dan Priantinah, D. (2018). Pengaruh Pengungkapan Sustanability Report dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi Pada Perusahaan Yang Bergabung Di ISSI dan Konvensional Periode 2014-2016. Jurnal Nominal 7 (2).

Nurhayati, I., Poerwati, T., dan Kartika, A., (2019). Dampak Moderasi Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengaruh CSR Pada Nilai Perusahaan Di Indonesia. Prosiding SENDI_U 2019

Parmar, L. B., Keevil, A., and Wicks, C. A., (2019). People and Profits: The Impact of Corporate Objectives on Employees’ Need Satisfaction at Work. Journal of Business Ethics. 154 (1): 13–33

Pondrinal, Muhammad. (2019). Pengaruh Peng-ungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Kinerja Keuangan Di Perusahaan Yang Go Public. Jurnal EKOBISTEK. 8 (1): 51–59

Rizaldi, Aulia. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Skripsi Fakultas Ekonomi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbans. Surabaya.

Rokhmat, Diana, dan Afifudin. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. E-Jurnal Akuntansi Universitas Islam Malang. 06 (06).

Saedah, Zuhro. (2015). Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI periode Tahun 2011-2013). Skripsi Fakultas Ekonomi. Universitas Muhmmadiyah Surakarta.

Sarwendah, Anita, dan Endang. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Skripsi Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Batik. Surakarta.

Setiangingrum, Wahyuning Ambar. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI Periode 2011-2013). Skripsi Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri. Semarang.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang PT Nomor 40 Tahun 2007 pasal 47 Tentang Perseroan Terbatas.

Wibowo dan Faradiza. (2014). Dampak Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Kinerja Keuangan dan Pasar Pe-rusahaan. Makalah disampaikan pada Simposium Nasional Akuntansi, 17

Vollono, R., (2010). Doing Well By Doing Good: The Empirical Relationship Between Cor-porate Social Responsibility and Financial Performance. Thesis Faculty of the Graduate School of Arts and Sciences of Georgetown University




DOI: https://doi.org/10.26905/afr.v2i2.3261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



AFRE (Accounting and Financial Review)

Postgraduate - University of Merdeka Malang

Postgraduate  Building, Terusan Dieng Street 62-64
Malang City, East Java, Indonesia, 65146.

View My Stats      Web
Analytics

Other Link

Follow Us

Site Home Journal
Unmer Malang
Postgraduate
LPPM
Library
Repository 
[email protected]
(0341) 567617
 Fax(0341) 567617

AFRE (Accounting and Financial Review)  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.