Efektifitas layanan e-filing terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan

Saman Abdul Aziz, Gella Intan Adestya

Abstract


This study aims to evaluate e-filing services by tax authorities to individual taxpayers, know the level of effectiveness based on the data of effective individual taxpayers who use e-filing, and know the effectiveness of the target and the realization of the use of e-filing whether it has been realized properly. Data collection techniques in this study are by interview and documentation. The data analysis technique used is qualitative and quantitative descriptive analysis. The results of this study are that the quality of e-filing services in South Malang KPP Pratama has been very good, the effectiveness of using e-filing based on effective Personal Taxpayer data is still not effective because there are still significant differences with the submission of Annual Tax Returns manually but already has increased every year, the target and realization of submission of Annual Tax Returns for Individual Taxpayers using e-filing has been achieved well and continues to increase for each year.

 

DOI: 10.26905/ap.v6i1.3802

10.26905/ap.v6i1.3802


10.26905/ap.v6i1.3802


10.26905/ap.v6i1.3802


10.26905/ap.v6i1.3802


10.26905/ap.v6i1.3802

Keywords


Quality of Service, Effectiveness, E-filing, Annual Notice

Full Text:

PDF ()

References


Agoes, Estralita. 2007. Akuntansi Perpajakan. Penerbit Salemba Empat.

Agustiningsih. 2016. Pengaruh Penerapan E-Filing, Tingkat Pemahaman Perpajakan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di KPP Pratama Yogyakarta. Jurnal Nominal.Volume V, No.2, Tahun 2016.

Andi, dan Dara Novita Sari. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Penggunaan E-Filing Pada Kpp Pratama Serang. Jurnal Elektronik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta.Volume X, Nomor 1, Tahun 2017.

Astuti. 2015. Analisis Penerapan E-Filing Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Gresik Utara. Jurnal Akuntansi UNESA. Vol 3, No.3, Tahun 2015.

Dyan. 2016. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Wajib Pajak Dalam Penggunaan E-Filing.Artikel Ilmiah Sekolah Tinggi Ekonomi PERBANAS Surabaya.

Elvionita. 2018. Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus, Pemahaman Tentang Peraturan Perpajakan dan Penerapan E-filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Orang Pribadi UMKM di KPP Pratama Pekanbaru Senapelan). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi. Vol 1, No 1, Tahun 2018

Erawati, Teguh dan Rita Ratnasari. 2018. Pengaruh Penerapan E-filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Menyampaikan SPT Tahunan Dengan Kepuasan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Di Kabupaten Gunungkidul). Jurnal Akuntansi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Vol 6, No.1, Tahun 2018.

Ganggut. 2015. Efektifitas Implementasi e-Filing Dalam Praktik Penerimaan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Singosari.Skripsi FEB UNMER MALANG.

Handayani Kartika Ratna dan Sihar Tambun. 2016. Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing Dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Sosialisasi Sebagai Variabel Moderating (Survei Pada Perkantoran Sunrise Garden di Wilayah Kedoya, Jakarta Barat). Media Akuntansi Perpajakan.Vol 1, No.2, Tahun 2016.

Indriantoro dan Bambang Supomo. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen. Penerbit BPEE Yogyakarta

Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government.

Kirana. 2010. Analisis Perilaku Penerimaan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan e-filling (kajian empiris wilayah Kota Semarang. Skripsi FE UNDIP.

Mardiasmo. 2018. Perpajakan. Penerbit ANDI Yogyakarta, Edisi Revisi 2018.

Nugraha. 2010. Analisis Modernisasi Pelayanan Pajak Dan E-System Pada KPP Pratama Malang Selatan. Skripsi FEB UNMER MALANG.

Peraturan Direktorat Jenderal Pajak Nomor PER 47/PJ/2008 Tentang Tata Cara Penyampaian Pemberitahuan Perpanjangan Surat Pemberitahuan Tahunan Secara Elektronik (e-filing) Melalui Perusahaan Penyedia Jasa Aplikasi (ASP).

Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-01/PJ/2014 Tentang Tata Cara Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang Menggunakan Formulir 1770S atau 1770SS Secara E-filing Melalui Website Direktorat Jenderal Pajak (www.pajak.go.id).

Peraturan Jenderal Pajak Nomor PER-20/PJ/2012 Tentang Tata Cara Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi.

Peraturan Jenderal Pajak Nomor PER-26/PJ/2012 Tentang Tata Cara Penerimaan Dan Pengelolaan Surat Pemberitahuan Tahunan.

Peraturan Jenderal Pajak Nomor PER-38/PJ/2013 Tentang Tata Cara Pendaftaran dan Pemberian Nomor Pokok Wajib Pajak, Pelaporan Usaha dan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak, Penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak dan Pencabutan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak, Serta Perubahan Data dan Pemindahan Wajib Pajak.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 55/PMK.01/2007 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 132/PMK.01/2006 Tentang Organisasi dan Tata kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Pajak Menteri Keuangan.

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 206.2/PMK.01/2014 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Pajak.

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 9/PMK.03/2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 243/PMK.03/2014 Tentang Surat Pemberitahuan (SPT).

Rahayu, Siti Kurnia. 2017. Perpajakan Konsep Dan Aspek Formal. Rekayasa Sains, Bandung.

Rahayu. 2016. Efektivitas Penggunaan E-System Dalam Pelayanan Perpajakan Terhadap Ketepatan Pelaporan E-filing (studi kasus di KPP Pratama Batu). Skripsi FEB UNMER MALANG.

Refiaty. 2018. Evaluasi Kualitas Pelayanan Dan Kepatuhan Wajib Pajak Untuk Meningkatkan Penerimaan Pajak (Studi Empiris Pada KPP Pratama Malang Selatan). Skripsi FEB UNMER MALANG.

Restikasari, 2018.Pengaruh Layanan E-Filing Terhadap Tingkat Kepuasan Pelaporan SPT Tahunan Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kediri. Tugas Akhir Perpajakan STAN.

Sapriadi. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Pajak, Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar PBB (Pada Kecamatan Selupu Rejang). Jurnal Akuntansi UNP. Vol 1, No 1, Tahun 2013.

Solikah Mar’atus dan Dian Kusumaningtyas. 2017. E-filing Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Kediri. Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri. Vol 2, No.2, Tahun 2017.

Suherman Maman dan Medina Almunawwaroh. 2015. Pengaruh Penerapan E-filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Tasikmalaya. Media Riset Akutansi, Auditing & Informasi. Vol 15, No.1, Tahun 2015

Tumuli Apriliani Kasandra, Jullie J. Sondakh, dan Heince R.N Wokas.2016. Analisis Penerapan E-SPT Dan E-Filing Dalam Upaya Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Vol 4, No.3, Tahun 2016.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Pasal 5 Ayat 1 Tentang Pelayanan Barang Publik Dan Jasa Publik Serta Pelayanan Administrasi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan Dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government.




DOI: https://doi.org/10.26905/ap.v6i1.3802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Indexing by

 

width="150"

Garuda - Garba Rujukan Digital

width=150; 

 

Index of /public/site/images/septi

Index Copernicus International (ICI)

 Tools:

 

Turnitin

crossref

Mendeley

 

Supported By:

 

Universitas Merdeka Malang

 


JURNAL AKUNTANSI DAN PERPAJAKAN

Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Merdeka Malang

Mailing Address:

Jalan Terusan Raya Dieng 62-64 Malang
East Java, Indonesia
Phone: 081359808072
Email: akuntansi.pajak@unmer.ac.id


 

Copyright ©2021 University of Merdeka Malang Powered by Open Journal Systems.