Sikap Kerja Sebagai Antaseden Loyalitas Kerja Barista (Studi Kasus Pada Barista Maxx Coffee Buahbatu Bandung)

Sheyla Fortemarchia Br Tobing, Rusli Ginting Munthe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menentukan loyalitas kerja Barista di Maxx Coffee Buahbatu Bandung. Menurut Teori faktor-faktor yang menentukan loyalitas sebagai perilaku kerja adalah sikap kerja, dalam penelitian ini peneliti menggunakan konsep kepuasan kerja dan komitmen organisasi sebagai sikap kerja.  Teori 2 faktor Herzberg menjelaskan 2 faktor yang dapat menilai kepuasan seseorang dalam menjalankan pekerjaanya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam & observasi. Hasil penelitian ini dilihat berdasarkan dari 4 subyek, setiap subyek memiliki sikap kerja yang menentukan loyalitas kerja yang berbeda-beda. Dapat disimpulkan bahwa Barista memilih tetap bekerja karena faktor pemelihara seperti rekan kerja yang baik dan peraturan perusahaan yang sesuai, faktor motivator seperti tantangan dalam pekerjaannya dan tanggung jawab saat melakukan pekerjaanya, faktor lainnya adalah munculnya komitmen organisasi Afektif dan Normatif.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Shukri & Musa Yusuf Owoyemi. 2012. The Concept of Islamic Work Ethic: An Analysis of Some Salient Points in the Prophetic Tradition. International Journal of Business and Social Science. Vol. 3 No. 20 [Special Issue – October 2012]

Ambarwati, A. (2018). Perilaku dan Teori Organisasi. Malang: Media Nusa Creative.

Beliadwi, B., & Moningka, C. (2012). Gambaran kepuasan kerja karyawan PT. Worleyparsons indonesia di tinjau dari teori dua faktor Herzberg. Psibernetika, 5(2).

Handoko, D. S., & Rambe, M. F. (2018). Pengaruh pengembangan karir dan kompensasi terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 31-45.

Hasibuan, M. S. (2014). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Kaswan. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Keunggulan Bersaing Organisasi. Jakarta: Graha Ilmu.

Mangkunegara, & Prabu, A. (2015). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Refika Aditama.

Meyer, J. P. (2014). Organizational Commitment Questionnaire

Muis, M. R., Jufrizen, J., & Fahmi, M. (2018). Pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 1(1), 9-25.

Purnamie, T. (2014). Peranan Organizational Citizenship Behavior. Bandung : Mitra wacana media.

Robbins, Stephen P & Judge, Timothy, A. (2013). Organizational Behavior Edition 15. New Jersey: Pearson Education.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Toni Nugraha. (2016). Loyalitas dan Komitmen Kerja Seorang Pegawai. https://sites.google.com/site/bbppbinuang/artikel-1/loyalitasdankomitmenkerjaseorangpegawai.

Umam, Khaerul. (2012). Manajemen Organisasi. Bandung: Pustaka Setia.




DOI: https://doi.org/10.26905/bismar.v2i1.9279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Business Management Research (BISMAR)
Management Department Faculty of Economics
University of Merdeka Malang

MAILING ADDRESS
Terusan Dieng Street 62-64, Sukun, Malang City, East Java, 65146, Indonesia
Phone: +62 821-41904-400
Email: bismar@unmer.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.