PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN KAMPUNG TENUN DI SULAA KOTA BAUBAU

Mimin Trianus, Novi Sunu Sri Giriwati

Abstract


Pemukiman Sulaa merupakan kampung tenun yang menjadi penghasil kain tenun khas buton terbesar di Kota Baubau, untuk mengembangkan kampung tenun sulaa ini pemerintah kota Baubau maupun pemerintah provinsi memberdayakan dan melibatkan masyarakat dengan bekerja sama pihak swasta meliputi kegiatan proyek pendirian galeri tenun, bangsal tenun, dan pengecatan rumah masyarakat sulaa.  Dalam proyek pembangunan galeri tenun dan bangsal tenun, masyarakat sulaa tidak turut dilibatkan dalam mendiskusikan ide desain, masyarakat hanya mampu sebatas membuat pengajuan proposal pengadaan wadah untuk tenun yaitu bentuk partisipasi pasif, sedangkan dalam merevitalisasi atau kegiatan pengecatan rumah, masyarakat sulaa turut dilibatkan untuk berbuat sesuai dengan ide mereka untuk mengecat rumah mereka sendiri, dan membentuk kelompok khusus untuk melukis pada dinding rumah yaitu ditemukan bentuk partisipasi Mobilization dalam pelaksanaan. Hasilnya Pada pemberdayaan masyarakat penghasil tenun Buton di Baubau, terdapat manfaat ekonomi bagi masyarakat berupa meningkatnya jual beli masyarakat luar, meningkatnya pemesanan sarung tenun khas Buton.

DOI : https://doi.org/10.26905/mj.v21i2.4198


Keywords


partisipasi masyarakat, pengembangan, kampung tenun sulaa

Full Text:

pdf 93-103

References


UU RI No.10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan

Pretty, Jules N. 1995. Participatory Learning and Action; A Trainer's Guide. 267pp, ISBN:189825002, HED.

Kadir, I, Achmad Djunaedi, Sudaryono, Bambang Hari Wibisono. 2015. Nilai-nilai budaya dan bangunan arsitektur local Dalam penciptaan dan penggunaan ruang di Permukiman sulaa baubau sulawesi tenggara: The finding the fifth element.

Kadir, I,. Tahir m.a., Said, B., SNT2BKL-ST-19. Penggunaan Ruang Berbasis Kearifan Lokal di Permukiman Pesisir Sulaa Baubau. Teknologi terapan berbasis kearifan lokal (snt2bkl).

Kadir, I Djunaedi, A,. Sudaryono, Bambang hari Wibisono.2015. Perubahan Pola spasial Pemukiman sulaa pasca reklamasi.: Forum Teknik.

Kadir, I,. Tahir, M.A., .2019. Konsep eksistensi ruang budaya permukiman pesisir sulaa di kota baubau: Jurnal Malige Arsitektur.




DOI: https://doi.org/10.26905/mj.v21i2.4198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by

width="150"

Garuda - Garba Rujukan Digital

SINTA - Science and Technology Index

Index of /public/site/images/septi

 

Index Copernicus International (ICI)

Tools:

Turnitin

crossref

Mendeley

Supported By:

Universitas Merdeka Malang




MINTAKAT: Jurnal Arsitektur

Mailing Address:

Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
Phone/Fax: +62341-568395
Email: mintakat.arsitektur@unmer.ac.id